Cara Membuat Lowongan Pekerjaan yang Benar

Ketika sebuah perusahaan membutuhkan karyawan baru, biasanya akan membuat iklan lowongan kerja untuk itu. Dalam iklan tersebut akan dijelaskan secara detail berbagai hal yang berkaitan dengan ketentuan dan syarat pekerja yang dibutuhkan.

Agar bisa mendapatkan kandidat yang tepat,  iklan lowongan pekerjaan sebaiknya tidak dibuat asal-asalan. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui bagaimana cara membuat lowongan pekerjaan yang benar.

8 Cara Membuat Lowongan Pekerjaan yang Benar

1. Judul Iklan Lowongan Kerja

Poin paling pertama yang perlu diperhatikan saat membuat iklan lowongan pekerjaan adalah judul iklan lowongan kerja tersebut. Perlu diperhatikan bahwa pada iklan lowongan kerja harusnya penulisan posisi yang dicari dibuat mencolok.

Cara membuatnya terlihat mencolok adalah dengan menggunakan teks yang mencolok dan ditebalkan menggunakan huruf kapital. Sebagai contoh, ketika iklan lowongan pekerjaan tersebut dalam rangka mencari karyawan yang akan menempati posisi manager, maka penulisannya bisa menjadi “MANAGER”.

Dengan cara ini, para pencari kerja langsung bisa menyimpulkan apakah lowongan kerja tersebut yang sedang mereka cari atau tidak.

2. Nama Perusahaan

Poin berikutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan pada cara membuat lowongan pekerjaan yang benar adalah menuliskan nama perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tersebut. Selain nama pekerjaan, disebutkan pula biografi singkat perusahaan dan reputasinya.

Hal ini penting dalam rangka menarik minat para pencari kerja yang kompeten agar mereka mau memasukkan lamaran pekerjaan. Sebab, para pencari kerja tentu tidak ingin memasukkan lamaran kerja di perusahaan yang tidak jelas atau memiliki reputasi yang buruk.

3. Informasi Pekerjaan

Poin berikutnya yang juga perlu diperhatikan pada saat membuat iklan lowongan pekerjaan adalah memasukkan detail informasi pekerjaan. Detail tersebut meliputi :

  • Tipe pekerjaan (penuh waktu/paruh waktu/freelance/project based).
  • Lokasi penempatan kerja.
  • Status karyawan (tetap/kontrak).
Baca Juga  Lowongan Kerja Admin Operational Head Manado Terbaru

Ketiga hal tersebut harus dimasukkan, agar para pencari kerja mengetahui apakah lowongan pekerjaan tersebut sesui dengan keinginannya atau tidak.

4. Deskripsi Pekerjaan

Poin penting lainnya pada cara membuat lowongan pekerjaan yang benar yang perlu diperhatikan adalah menuliskan deskripsi pekerjaan dengan jelas. Sebutkan di dalamnya tugas dan tanggung jawab yang sesuai dengan posisi di perusahaan.

Agar deskripsi pekerjaan dipahami dengan baik oleh para pencari kerja, sebaiknya tuliskan dalam iklan lowongan pekerjaan tersebut alur atau cara kerja di perusahaan yang bersangkutan. Sebab, setiap perusahaan tentu memiliki alur atau cara kerja yang berbeda.

5. Spesifikasi Pekerjaan

Dalam iklan lowongan pekerjaan tersebut seharusnya disebutkan pula deskripsi pekerjaan. Dalam hal ini disebutkan dengan jelas pengalaman dan keterampilan yang harus dimiliki oleh calon pelamar.

Terkadang juga perlu dimasukkan beberapa syarat tertentu yang harus dimiliki oleh calon pelamar. Misalnya, dipersyaratkan bagi calon pelamar harus memiliki pengalaman kerja sekian tahun yang sama dengan posisi yang dibuka.

6. Kompensasi

Poin penting lainnya pada cara membuat lowongan pekerjaan yang benar adalah menyebutkan kompesasi yang diberikan. Nilai upah atau gaji yang diberikan tentu menjadi bahan pertimbangan bagi para pencari kerja, sebelum memutuskan untuk memasukkan lamaran kerja atau tidak.

Selain itu, jangan lupa untuk menyertakan apa saja benefit yang akan didapatkan ketika pelamar diterima bekerja. Hal ini tentu akan menjadi daya tarik bagi orang-orang yang berkompeten untuk memasukkan lamaran kerja mereka.

Baca Juga : 6 Daftar Gaji Pekerjaan Terbesar di Dunia

7. Cara Mengirim Lamaran

Tentu saja dalam iklan lowongan pekerjaan tersebut harus disebutkan bagaimana cara mengirimkan lamaran pekerjaan. Jika lamaran pekerjaan harus dikirimkan via email atau Whatsapp, maka jangan lupa disebutkan alamat email dan nomor WA tujuan pengiriman lamaran tersebut.

Baca Juga  Cara Membuat Lowongan Pekerjaan yang Menarik

8. Batas Waktu Pengiriman Lamaran

Perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tentu menginginkan agar lowongan yang kosong tersebut segera diisi oleh pekerja yang kompeten. Oleh karena itu, dalam iklan tersebut hendaknya disebutkan batas waktu pengiriman lamaran.

Demikianlah informasi mengenai cara membuat lowongan pekerjaan yang benar pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar