Cara Membuat Lowongan Pekerjaan yang Menarik

Membuat dan mencari lowongan pekerjaan saat ini tidak lagi sulit. Sebab layanan internet sudah memungkinkan kita memperoleh informasi yang kita inginkan, tak terkecuali soal lowongan pekerjaan tersebut. Platform khusus yang memfasilitasi berbagai jenis lamaran kerja juga sudah beragam macam bentuknya di dunia maya.

Namun meskipun sudah mudah ditemukan, sebuah lowongan tidak begitu saja mampu menarik perhatian para jobseeker apabila isi dan esensi dari lowongan yang berhasil diiklankan tersebut belum begitu menarik. Ada beberapa tips cara membuat lowongan pekerjaan yang menarik yang bisa digunakan jika Anda ingin membuka peluang kerja, baik melalui media online maupun secara fisik.

Tips Membuat Lowongan Pekerjaan

Dalam hal melamar pekerjaan, bukan hanya pelamar saja yang harus dituntut memiliki kriteria menarik dan sesuai dengan pekerjaan yang dituju. Iklan yang memuat lowongan pekerjaan juga harus cukup menarik bagi para pejuang jobseeker. Untuk mentaktisi iklan lowongan kerja mudah dilirik oleh banyak orang, berikut tips dan cara membuat lowongan pekerjaan yang menarik.

1. Menggunakan Judul yang Jelas dan Spesifik

Penggunaan judul yang tepat memang adalah hal yang cukup krusial, sebab judul tersebutlah yang akan dijadikan pandangan pertama oleh para calon pelamar. Kespesifikan judul juga tak kalah penting agar iklan yang tersebar tidak salah target. Usahakan untuk selalu menggunakan bahasa dan kata-kata yang tepat, tanpa menghasilkan makna yang ambigu dan membingungkan.

2. Berikan Pemaparan Terkait Info Perusahaan

Sebelum membahas mengenai jobdesk dan kriteria yang menjadi esensi dari sebuah iklan kerja, sedikit perkenalan mengenai perusahaan yang membuka lowongan tersebut bisa memberikan informasi tambahan untuk membantu calon pelamar mempertimbangkan keputusannya.

Umumnya, deskripsi perusahaan cukup memuat hal mengenai bidang bergeraknya perusahaan, alamat perusahaan, hingga sedikit prestasi dari perusahaan yang bisa dibanggakan.

Baca Juga  Lowongan Kerja Sales Promotion/SPG Manado Terbaru

3. Deskripsikan Posisi Beserta Kriteria dengan Jelas dan Lengkap

Cara membuat lowongan pekerjaan yang menarik lainnya yaitu dengan mendeskripsikan posisi yang dibutuhkan perusahaan beserta kriteria yang dibutuhkan untuk menjalankan posisi tersebut.

Memberikan keterangan mengenai posisi yang dibutuhkan dan dilengkapi kriteria yang sesuai bisa membantu calon pelamar memahami jobdesk yang akan mereka peroleh jika diterima di perusahaan Anda.

Hal ini akan membantu pelamar dalam mempertimbangkan kapabilitasnya untuk bergabung. Namun, antara posisi dan kriteria harus jelas dan berkaitan satu sama lain.

4. Jelaskan Mengenai Benefit Apa Saja yang Bisa Diperoleh

Calon pelamar tentunya akan selalu mempertimbangkan benefit yang bisa mereka peroleh dari perusahaan yang membuka lowongan. Oleh karena itu, iklan yang sudah mampu menawarkan benefitnya kepada para jobseeker tersebut bisa menjadi poin plus.

Namun sebaiknya, tetap sesuaikan muatan benefit yang tertera dalam iklan dengan kebijakan perusahaan Anda. Meskipun benefit selalu terlihat menarik, jangan terlalu melebih-lebihkan dan mengumbar banyak janji. Cukup ungkapkan dengan sederhana benefit yang dapat diperoleh oleh calon pelamar, namun tetap meninggalkan kesan yang menguntungkan bagi mereka.

5. Berikan Batas Waktu Pendaftaran dan Informasi Kontak

Cara membuat lowongan pekerjaan yang menarik selanjutnya adalah memberikan dealine pendaftaran. Memberikan batas dan tenggat waktu kepada pelamar untuk memasukkan lamarannya bisa membuat iklan Anda terlihat lebih jelas dan tegas, tidak seperti iklan yang asal-asalan dibuat.

Selain informasi waktu, informasi kontak juga jangan sampai terlewatkan. Kehadiran informasi kontak perusahaan dalam iklan bisa membuat iklan Anda terlihat lebih terpercaya dan meyakinkan. Hal ini juga bisa menjadi akses kepada pelamar apabila ada pertanyaan lebih lanjut yang ingin mereka tanyakan sebelum meng-apply lamarannya.

Baca Juga  Cara Membuat Lowongan Pekerjaan yang Benar

Tinggalkan komentar