Cara Menulis Lowongan Pekerjaan yang Benar di Platform Online

Memperhatikan bagaimana cara menulis lowongan pekerjaan yang benar tidak boleh disepelekan. Mengapa demikian? alasannya karena dapat meningkatkan pertimbangan calon pelamar ketika ingin mengajukan lamaran kerja ke suatu instansi.

Sebab tidak jarang meskipun lowongan pekerjaan yang ditawarkan menjanjikan, namun banyak orang malah melewatkannya. Oleh karenanya sebaiknya ketahui bagaimana cara menyusun lowongan pekerjaan dengan benar.

Begini Cara Menulis Lowongan Pekerjaan yang Benar di Platform Online

Jumlah platform online yang bisa digunakan untuk menyebarkan iklan lowongan pekerjaan cukup banyak. Supaya lebih efektif, coba perhatikan beberapa hal berikut mengenai cara untuk menulis lowongan pekerjaan.

1. Tentukan Platformnya Terlebih Dahulu

Sebelumnya telah disinggung bahwa platform online yang sering digunakan untuk menyebarkan lowongan pekerjaan sangat banyak. Misalnya saja LinkedIn, Facebook, Instagram, dan lain sebagainya.

Cara untuk memilih platform paling tepat adalah dengan menentukan target pelamar terlebih dahulu. Perlu diketahui, masing-masing platform ada kecenderungan pengunjung baik dari segi usia, gender, tingkat ekonomi, serta bidang ketertarikan.

2. Gunakan Aplikasi Desain yang Mendukung

Mengiklankan lowongan pekerjaan online tetap membutuhkan pendukung seperti halnya poster. Jangan khawatir, sekarang ini sudah ada banyak sekali aplikasi yang dapat mendukung Anda untuk membuat poster tanpa perlu ribet.

Jika tidak bisa mengoperasikan aplikasi di PC maka dapat memanfaatkan aplikasi ponsel, salah satunya yaitu Canva. Di dalamnya terdapat banyak sekali template siap pakai yang cara penggunaannya dengan mengedit beberapa bagian sesuai kebutuhan.

3. Cantumkan Kriteria Pelamar yang Dibutuhkan

Agar mendapatkan pelamar kerja sesuai dengan kriteria, saat menuliskan iklan lowongan pekerjaan sebaiknya cantumkan apa saja kriteria yang perlu dipenuhi oleh pelamar. Jangan sampai melewatkannya karena akan lebih sulit memilih mana paling sesuai.

Baca Juga  Lowongan Kerja Sales Promotion/SPG Manado Terbaru

Informasi mengenai kriteria yang paling umum dicantumkan pada poster lowongan pekerjaan yaitu berupa gender, tinggi badan, komunikatif, memiliki keahlian dalam bidang tertentu, good looking, bisa bekerja sama dalam tim, jujur, dan berkomitmen.

4. Tampilkan Posisi dan Gaji

Posisi perlu dicantumkan dalam poster iklan lowongan pekerjaan untuk menarik perhatian orang yang memiliki kemampuan dalam bidang terkait. Apabila posisi yang kosong lebih dari satu, sebutkan seluruhnya sekaligus informasi mengenai kriteria dan gaji.

Penulisan informasi gaji bisa ditulis sesuai dengan kondisi lapangan, sebaiknya tidak melebih-lebihkan. Cantumkan juga bonus khusus untuk pekerja lembur jika memang ada. Poin tersebut dapat meningkatkan pertimbangan khalayak untuk melamar ke perusahaan Anda.

5. Tunjukkan Keseriusan Anda

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memang memberikan banyak sekali keuntungan, namun tidak jarang juga dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kecurangan.

Dari masalah itu, masyarakat saat ini jauh lebih berhati-hati ketika mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan. Cara agar iklan lowongan yang Anda sebarkan menarik perhatian, tunjukkan komitmen misalnya dengan mencantumkan alamat perusahaan.

Baca Juga : Gaji Pekerjaan Akuntansi

6. Cantumkan Kontak yang Dapat Dihubungi

Karena alasan tertentu ada beberapa pembuat iklan lowongan pekerjaan yang tidak mencantumkan informasi CP di posternya. Perlu dipahami, tindakan ini malah mempersulit calon pelamar mencari informasi mengenai perusahaan Anda.

Akan lebih aman jika mencantumkan kontak yang dapat dihubungi bisa melalui telepon, pesan singkat, atau media sosial resmi. Usahakan CS responsif saat menjawab pertanyaan dari calon pelamar.

Jangan salah, meski cara menulis lowongan pekerjaan yang benar terlihat mudah akan tetapi tetap perlu pertimbangan. Hindari mencantumkan hal-hal yang malah membuat bingung pelamar.

Baca Juga  Gaji Pekerjaan Mengisi Uang di ATM

Tinggalkan komentar