Tips Memilih Robot Pembersih Lantai Terbaik

Aktivitas yang begitu padat tidak jarang menjadi alasan rumah tampak selalu kotor dan berantakan. Hal ini karena sedikitnya kesempatan untuk menjaga kebersihan rumah secara mandiri. Alih-alih merekrut asisten rumah tangga, untuk bisa lebih berhemat, beberapa orang saat ini sudah beralih ke penggunaan teknologi AI untuk urusan kebersihan rumahnya.

Salah satu bentuk teknologi tersebut yang juga tengah populer saat ini adalah pembersih lantai otomatis. Berbeda dengan vacuum cleaner tentunya, teknologi yang juga disebut sebagai robot pembersih lantai ini tidak memerlukan lagi tenaga manusia secara langsung untuk melakukan tugasnya. Cukup dinyalakan, robot ini akan menyisir lantai hingga ke kolong-kolong rumah yang berdebu.

Terdengar sangat praktis dan menarik, bukan? Namun sebelum membeli robot pembersih, ada beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat. Tips berikut ini dapat digunakan ketika hendak membeli robot pembersih lantai agar terhindar dari produk-produk yang mengecewakan.

5 Tips Memilih Robot Pembersih Lantai

Mesin pembersih lantai otomatis ini sudah cukup banyak ditemukan di pasaran dengan merk dan penawaran yang berbeda-beda. Daripada menjatuhkan pilihan ke produk yang salah, berikut tips yang bisa dijadikan referensi sebelum membeli robot pembersih lantai tersebut.

1. Sesuaikan dengan Ukuran Rumah

Seperti kebanyakan produk teknologi mutakhir saat ini, tidak semua produk yang ada akan selalu pas dengan kondisi lingkungan atau rumah Anda. Rumah dengan ukuran kecil hingga sedang bisa dikatakan cocok untuk teknologi robot vacuum ini. Sebaliknya, semakin besar ukuran rumahnya, kemampuan robot pembersih ini juga semakin kurang maksimal, sebab kotoran yang mengendap pada filter di dalamnya harus selalu dipastikan dalam kondisi yang mampu menampung debu dan kotoran dari rumah Anda.

2. Kemampuan Filter

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, filter HEPA (High Efficiency Particulate Arresting) dalam robot pembersih ini harus selalu dipastikan dalam keadaan yang tidak kesulitan menampung debu. Oleh karena itu, semakin baik kualitas filternya, kemampuan alat ini bisa dipastikan semakin baik juga. Namun, selalu menjaga dan merawat filter adalah tips lain agar alat tidak mudah rusak.

Baca Juga  5 Aplikasi Translate Inggris Indonesia Terbaik 2022

3. Perhatikan Fitur yang Ditawarkan

Penawaran suatu produk biasanya tidak hanya menawarkan mengenai manfaat utama dari produk bersangkutan. Saat ini, Anda mungkin akan menjumpai robot pembersih lantai dengan fitur yang sangat lengkap, mulai dari menyapu, menyedot debu, mengepel, dan lain sebagainya. Anda cukup perlu menyesuaikan fitur yang ada dengan kebutuhan Anda.

4. Daya Tahan Baterai

Karena robot vacuum ini umumnya memanfaatkan baterai dalam menjalankan fungsinya, maka penting untuk mengetahui sejauh mana kemampuan atau daya baterai yang digunakan oleh produk bersangkutan. Daya baterai yang rendah hanya akan menyebabkan robotnya kehabisan daya setiap kali sedang bertugas.

5. Sesuaikan dengan Budget

Menyesuaikan budget yang dimiliki juga adalah tips yang tidak kalah pentingnya. Menghadirkan teknologi secanggih apapun di dalam rumah semestinya selalu berlandaskan dengan kebutuhan, tidak sekedar untuk gaya-gayaan.

Alih-alih menghabiskan budget bulanan untuk alat ini, alokasi dana mungkin bisa dilakukan ke produk atau alat lainnya yang lebih penting. Tentunya, selama kebutuhan Anda juga tidak begitu mendesak dalam ranah itu.

Itulah beberapa tips memilih robot pembersih lantai terbaik yang bisa disampaikan kali ini. Karena fungsi alat ini penting dan harganya tidak murah, pastikan Anda memilihnya dengan bijak.

Selain itu, tidak ada salahnya jika Anda memilih merk terbaik robot pembersih lantai meskipun harganya agak mahal, karena pertimbangan kualitasnya. Tentunya, jika budget yang Anda persiapkan memadai untuk itu.

 

Tinggalkan komentar