Tips Cara Mengosongkan Penyimpanan di WhatsApp Agar Memori Hp lebih Kosong

Bagi anda pengguna aplikasi whatsapp tentunya mengetahui bahwa aplikasi ini sangat berhubungan erat dengan kapasitas penyimpanan di ponsel dimana aplikasi whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang paling sering digunakan dalam rutinitas sehari-hari baik itu untuk urusan pekerjaan, tugas kuliah atau sekolah, komunitas, atau grup keluarga. Tentu saja walaupun aplikasi ini merupakan aplikasi perpesanan atau chat, akan tetapi aplikasi whatsapp terbukti menjadi aplikasi yang bisa sangat berguna dalam berkomunikasi sehari-hari, sehingga tidak heran aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang wajib ada pada setiap pengguna perangkat ponsel.

Dengan begitu pentingnya peran whatsapp dalam berkomunikasi online atau secara digital, maka banyak pengguna yang bahkan memiliki puluhan grup dan ratusan kontak aktif di aplikasi chat ini, bahkan bagi orang yang memiliki bisnis, angka tersebut bisa lebih tinggi lagi mengingat bisnis membutuhkan networking yang besar. Namun masalah yang kerap ditemukan oleh para pengguna whatsapp adalah penyimpanan ponsel yang cepat penuh atau ruang penyimpanan yang semakin hari semakin mengecil karena besarnya file data yang dibuat oleh aplikasi whatsapp, apalagi bila pengguna merupakan pengguna yang sangat aktif dengan banyak kontak dan grup.

Bagi anda yang memiliki ponsel atau hp dengan penyimpanan besar atau ruang memori eksternal yang besar jangan berbesar hati terlebih dahulu, sebab cepat atau lambat, anda akan menemukan masalah ini bagi anda yang tidak memperhatikan masalah penyimpanan di whatsapp sebab data yang semakin membesar akan menghabiskan ruang penyimpanan di ponsel anda. Apalagi bagi anda pengguna whatsapp dengan ruang penyimpanan ponsel yang terbatas. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut ? Jangan kuatir, sebab kali ini kami akan memberikan tips cara Mengosongkan Penyimpanan di WhatsApp Agar Memori Hp lebih Kosong yang dapat anda simak sebagai berikut :

Baca Juga  Tutorial Membalik Layar Komputer untuk Pengguna OS Windows

unnamed file

1. Rutin Menghapus item

Perlu anda ketahui bahwa item atau file yang telah anda hapus di whatsapp bisa jadi masih tersimpan pada perangkat anda. Apabila anda sebagai pengguna memiliki beberapa salinan item, sebaiknya hapus semua salinan untuk mengosongkan sebagian ruang.

Untuk menghapus item, pada tab Chat, klik Opsi lainnya, lalu Setelan, lalu ketuk Data dan penyimpanan, lalu Kelola penyimpanan kemudian ketuk untuk Diteruskan berkali-kali, Lebih besar dari 5MB, atau pilih chat tertentu. Dari sana, pengguna dapat menghapus item dengan mengklik opsi Pilih Semua jika ingin menghapus semua item sekaligus.

Pilih item lainnya untuk menghapus beberapa item sekaligus. Kemudian, klik Hapus. Pengguna dapat memilih Hapus item berbintang atau Hapus semua salinan.

2. Melihat item berukuran besar

Pada tab Chat > ketuk Opsi lainnya > Setelan > pilih Data dan penyimpanan > Kelola penyimpanan > ketuk Diteruskan berkali-kali, Lebih besar dari 5MB, atau pilih chat tertentu Pengguna dapat mengetuk ikon sortir untuk mengurutkan item berdasarkan kategori Terbaru, Terlama, atau Terbesar.

3. Menghapus item melalui pencarian

Pengguna juga dapat menghapus item individual menggunakan fitur pencarian dengan mengklik Cari > pilih Foto, Video, atau Dokumen > ketuk item yang ingin dihapus > klik Lainnya > Hapus.

Jika kapasitas penyimpanan yang tersedia pada perangkat mencapai level yang sangat rendah, WhatsApp mungkin tidak dapat berfungsi dengan baik.

Jika hal ini terjadi, WhatsApp mungkin akan meminta pengguna untuk mengosongkan sebagian ruang untuk dapat terus menggunakan aplikasi.

4. Matikan Auto Unduh Media

Penyebab utama penuhnya penyimpanan internal WhatsApp karena aktifnya fitur auto unduh media. Secara default WhatsApp akan melakukan unduh gambar jika dalam penggunaan mobile data dan akan mengunduh semua media dalam penggunaan Wi-Fi.

Baca Juga  Aplikasi CapCut MOD Apk Terbaru 2022, Benar Aman?

Untuk itu silahkan matikan auto unduh media agar yang terunduh hanya yang kita inginkan saja. Bukalah settings, kemudian pilih data and storage usage, pilih media auto-download (Pengaturan – Penggunaan data & penyimpanan Otomatis unduh media).

Pada “when using mobile data” yang artinya Ketika terhubung ke Data Selular, unchecklist semua media, begitupun pada menu when connected on Wi-Fi (Ketika terhubung ke Wi-Fi).

5. Menghapus WhatsApp Audio

Terkadang, banyak orang malas untuk mengetik dan lebih memilih untuk voice note. Akibatnya banyak konten suara yang menumpuk di penyimpanan internal.

Maka dari itu, hapuslah konten suara dengan cara membuka file manager dan memilih folder ‘WhatsApp’. Kemudian pilih WhatsApp Media dan bukalah WhatsApp Audio.

6. Jangan sering melihat status

Tanpa anda sadari, melihat status orang lain akan mempengaruhi memori penyimpanan pada ponsel. Walaupun sifat status WhatsApp sementara dan akan terhapus otomatis, itu akan membutuhkan kapasitas yang besar jika status yang dilihat berupa video yang amat panjang. Untuk itu, sebaiknya kurangi aktivitas tersebut dan pilihlah status WhatsApp orang lain yang penting.

7. Aktifkan Fitur Backup ke Google Drive

Dan tips yang terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan mengaktifkan fitur backup atau mencadangkan data ke Google Drive. Dengan kata lain, semua data percakapan, pesan, foto, audio, video, maupun dokumen yang ada pada akun WhatsApp akan tersimpan di Google Drive. Cara yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan fitur tersebut adalah buka aplikasi WhatsApp, pilih menu tiga titik di kanan atas. Kemudian, pilih menu settings dan masuk ke bagian chats.

Pilih chat backup dan tentukan akun Google Drive yang akan digunakan anda untuk mencadangkan data. Apabila ingin melakukan manual, tekan tombol back up dan silahkan tunggu hingga selesai.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Iklan di HP Vivo yang Cepat dan Efektif

Demikian informasi Tips Cara Mengosongkan Penyimpanan di WhatsApp Agar Memori Hp lebih Kosong. Dengan ruang penyimpan ponsel atau Hp yang lega tentunya akan membuat perangkat anda menjadi lebih lancar serta membuat segala urusan aktifitas di hp pun menjadi lebih mulus tanpa lag atau hang. Jadi apabila anda mendapatkan ponsel atau hp anda yang

Tinggalkan komentar