Tips Agar HP Tidak Cepat Panas Saat Bermain Game

Bagi pemain game mobile atau yang sering bermain game di hp, tentunya masalah hp yang panas mungkin sering anda temui dimana masalah hp yang panas merupakan hal yang normal ketika hp bekerja terlalu “keras” secara terus menerus tanpa jeda waktu seperti kebanyakan para gamer di hp yang bermain game tanpa mengenal waktu membuat hp pun menjadi panas.

Sekedar informasi, Hp atau smartphone merupakan perangkat yang memiliki prosesor seperti yang anda temukan pada laptop atau Pc yang untuk memproses akfititas di hp seperti membuka aplikasi, bermain game dan sebagainya. Masalah yang sering ditemukan ketika prosesor bekerja secara berlebihan atau berat akan membuat hp panas atau ovee heat seperti bermain game atau aplikasi berat yang mengharuskan hp bekerja lebih keras untuk memprosesnya.

Imbas dari hp yang panas akan membuat hp menjadi lemot dan lambat loading dimana disebabkan oleh sistem secara otomatis akan mengurangi kinerja hp untuk mengendalikan panas atau over heat yang terjadi, agar tidak merusak komponen sensitif di dalam smartphone menyebabkan hp menjadi lemot, lambat loading, kurang responsif bahkan dapat menguras daya baterai sehingga hp cepat lowbat atau bahkan mati total.

Hp yang panas akibat kinerja yang berlebihan karena bermain game menjadi satu hal yang normal akan tetapi tidak boleh dibiarkan terjadi secara terus menerus karena suhu smartphone tinggi yang terjadi bisa mengakibatkan berbagai masalah serius, seperti bocornya baterai, kehilangan data, dan masalah lainnya yang tentu anda tidak inginkan bukan? Bahkan paling parahnya dapat membuat hp anda bisa mati total dan tidak bisa dinyalakan lagi.

Nah dengan paparan dan penjelasan di atas tentunya sebaiknya hindari hp menjadi panas karena bermain game. Untuk itu, berikut kami berikan Tips Agar HP Tidak Cepat Panas Saat Bermain Game. Berikut tips yang bisa anda simak dibawah ini :

Baca Juga  4 Daftar Aplikasi Kamus Bahasa Inggris Terbaik 2022
Tips Agar HP Tidak Cepat Panas Saat Bermain Game

Memberi Ruang Untuk Memori HP

Agar performa Hp anda lebih cepat dan tidak cepat panas, maka sebaiknya anda memberi ruang untuk memori HP dari aplikasi-aplikasi yang tidak anda gunakan sebab aplikasi yang menumpuk akan membuat ruang memori akan semakin kecil serta RAM yang bekerja lebih.

Menutup aplikasi yang Tidak di Gunakan

Agar Hp anda bekerja tidak terlalu berat dan hanya fokus pada aplikasi yang anda gunakan, maka sebaiknya menutup aplikasi yang tidak anda gunakan sebab aplikasi yang berjalan di background bisa menguras sumber daya dan menyebabkan smartphone menjadi lambat dan bekerja berlebih mengakibatkan hp cepat panas.

Beberapa contoh aplikasi yang sering terlupakan untuk ditutup walaupun tidak sering digunakan seperti browser, musik, dan media sosial.

Anda juga bisa mengecek penggunaan aplikasi anda yang menguras RAM di pengaturan file di hp anda.

Fitur Clean Storage

Manfaatkan fitur clean storage di Settings hp anda untuk menghapus juga foto, video, cache, audio, dan dokumen yang tidak terpakai atau anda dapat memindahkan ke SD Card agar hp bekerja lebih ringan.

Memilih smartphone bersistem pendingin

Apabila memungkinkan, sebaiknya memilih perangkat yang memiliki spesifikasi software dan hardware terbaik, serta sistem pendingin yang bisa menghilangkan panas berlebih dengan cepat, dimana hp tipe ini memang dirancang untuk mengurangi overheat dan masalah panas di hp yang membuat hp lambat dan slowrespon.

Mematikan pengaturan yang tidak perlu

Biasanya banyak dari pengguna HP yang biasanya sering membiarkan opsi GPS, Bluetooth, atau Wifi tetap aktif, bahkan saat tidak membutuhkannya, yang bisa jadi lupa atau merupakan pembiaran. Mematikan aplikasi yang tidak dibutuhkan dapat mengakhiri panas berlebih dan menghemat masa pakai baterai. Jika memungkinkan dan lebih baik lagi, aktifkan Mode Pesawat saat Anda tidak berencana menggunakan ponsel Anda akan tetapi berimbas pada anda tidak bisa menerima panggilan apapun.

Baca Juga  5 Game Online Penghasil Uang Terbanyak

Menggunakan antivirus

Tahukah anda bahwa spyware atau aplikasi jahat untuk memata-matai yang kerap menargetkan Android dan jenis malware lain bisa membocorkan informasi sensitif pengguna, mencuri detil akun bank, dan memata-matai lokasi pengguna. Dimana semua hal ini dilakukan terus-menerus tanpa sepengetahuan pemilik.

Kegiatan memata-matai yang secara terus menerus bakal cepat menghabiskan baterai ponsel pengguna. Jadi, apabila tiba-tiba ponsel Anda jadi lebih cepat habis baterai, Anda patut waspada.

Ransomware di perangkat mobile bahkan bisa mengunci file penting yang ada di hp Android. Malware ini bahkan bisa mengunci seluruh ponsel Android Anda.

Untuk mencegah hal ini, memasang anti virus dab malware di hp bisa menjadi pertimbangan anda untuk melindungi ponsel serta mungkin menjadi penyebab hp anda cepat panas.

Melepas case Hp

Case atau penutup telepon mungkin memiliki fungsi tetapi case hp juga dapat bertindak sebagai insulasi atau pengekang panas, menyebabkan penumpukan panas. Anda dapat melepaskan cas untuk membiarkan ponsel menjadi dingin.

Demikian Tips Agar HP Tidak Cepat Panas Saat Bermain Game. Jadi bagi anda yang gemar bermain dan lupa waktu sebut saja para gamer mobile legends mobile, pubg mobile, free fire, Aov dan game lainnya, dapat mengantisipasi hp agar tidak menjadi panas atau over heat dengan beberapa tips diatas. Semoga berguna dan bermanfaat.

Tinggalkan komentar