Solusi Mengatasi Storage Ponsel Android yang Penuh dengan Mudah

Pernahkah anda menemukan masalah ponsel atau smartphone anda tidak bisa menyimpan file lagi, membuka gallery, mengambil foto dan sebagainya karena kapasitas penyimpanan alias storage penuh ? Tentunya hal tersebut akan sangat menyebalkan, apalagi bila dalam situasi penting yang mengharuskan anda menyimpan file ke dalam ponsel anda membuat anda pun akan kebingungan untuk memilih menghapus file mana yang menurut anda tidak penting yang tentunya biasanya akan memakan waktu. Dan tidak hanya sampe disitu, dimana akan lebih menyebalkan ketika anda telah memilih file dan menghapusnya tetapi ponsel anda tetapi memberikan notifikasi penyimpanan storage yang penuh !

Nah, untuk menghindari hal tersebut dan akan terus terjadi berulang kali selama storage pada posisi penuh sebab yakinlah bahwa notifikasi storage penuh akan selalu ada, sebab ponsel anda akan selalu menerima file baru baik disengaja atau tidak disengaja selama anda masih menggunakan ponsel tersebut, dimana file tersebut dapat dari file whatsapp, sosial media seperti facebook, instagram, mengambil foto atau video, hingga cache browsing anda di internet. Namun jangan kuatir, sebab kali ini kami akan membahas cara dan solusi Solusi Mengatasi Storage Ponsel Android yang Penuh dengan Mudah yang dapat anda ikuti dengan langkah yang sangat mudah untuk anda praktekkan sebagai berikut :

storage hp full
1.Backup file penting ke kartu memori

Cara yang paling pertama dan penting sekaligus untuk memberi ruang pada storage di ponsel android anda adalah dengan melakukan backup data anda ke kartu memori. Dimana anda dapat memindahkan file-file yang ukurannya besar dan penting ke kartu memori eksternal, dengan tujuan agar storage internal di smartphone anda bisa difokuskan untuk menyimpan update aplikasi yang akan memakan ruang yang cukup besar.

Baca Juga  Tips Menggunakan Kamera Night Mode Untuk HP Android dan iPhone

Walaupun pada beberapa ponsel terbaru sudah mendkung pemindahan dan menginstall aplikasi juga ke kartu memori eksternal, akan tetapi tetap akan lebih baik jika anda melakukan backup ke memori eksternal anda sebagai antisipasi untuk kedepannya dimana kedepannya penggunaan storage internal storage akan terus membesar seiring dengan lamanya penggunaan serta file-file yang akan terkumpul total didalamnya.

Bagi anda yang belum paham cara memindahkan file ke memory eksternal caranya sangat mudah dimana anda dapat membuka menu Apps atau App Manager lalu pilih aplikasi mana yang ingin anda pindahkan ke memori eksternal lalu pilih tombol Move to SD Card dan secara otomatis aplikasi itu bakal pindah lokasinya ke memori eksternal.

2. Hapus semua file di folder .thumbnails

Apabila cara pertama sudah anda lakukan dengan melakukan backup file ke kartu memory eksternal maka anda dapat menghapus semua file di folder .thumbnails yang berisi backup atau chace dari foto yang anda ambil dengan kamera. Adapun caranya adalah pilih internal storage di menu File Manager dan masuk ke folder DCIM atau Picture. Kemudian masuk folder .thumbnails dan hapus semua file yang ada didalamnya. Dengan melakukan hal tersebut, anda akan langsung dapat melihat ponsel anda akan lebih lega dan lancar.

3. Hapus file cache dari semua aplikasi

Apabila anda telah menempuh cara pertama dan kedua dimana anda masih belum puas dan melihat ruang storage di ponsel anda masih belum terlalu kosong, anda bisa menghapus file cache dari semua aplikasi atau file yang sifatnya sementara di smartphone. Walaupun file cuman kecil serta sementara, akan tetapi cache terkadang memang memakan banyak kapasitas memori internal ponsel Android. Anda bisa menghapus satu per satu cache dari aplikasi di storage ponsel Android agar kapasitas penyimpanan lebih lega.

Baca Juga  Cara Memasukkan Voucher Telkomsel

Untuk menghapus cache tiap aplikasi akan membutuhkan waktu, namun anda dapat menghapus cache sekaligus dengan menggunakan aplikasi yang khusus bisa anda gunakan untuk membersihkan cache. Contoh aplikasi pembersih cache yang bisa anda instal di ponsel Android anda adalah App Cache Cleaner atau CC Cleanser dan aplikasi pembersih cache lainnya.

Akan tetapi bagi anda yang memiliki fitur bawaan pembersih cache otomatis bawaan dari ponsel anda, tentunya akan lebih baik lagi dimana anda tidak perlu menginstall aplikasi pihak ketiga lainnya yang mana akan menghemat penyimpanan anda dan akan lebih aman sebab merupakan aplikasi bawaan dari developer ponsel anda yang mana bertujuan untuk memperlancar ponsel ketika digunakan .

Demikian informasi mengenai Solusi Mengatasi Storage Ponsel Android yang Penuh dengan Mudah, agar nantinya anda tidak kebingungan lagi menghapus satu persatu file setiap ponsel anda menginformasikan storage penuh. Diharapkan dengan solusi diatas, dapat membuat ruang yang kosong dan lega untuk ponsel anda sehingga anda pun dapat melakukan aktifitas normal di ponsel anda tanpa masalah storage penuh sehingga anda tidak membuka aplikasi, membuka kamera, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga berguna dan bermanfaat. Terima kasih

Tinggalkan komentar