Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Cara Mengatasinya

Bagi Anda yang ingin membuat HP lebih awet, sebaiknya ketahui apa saja penyebab layar HP tidak bisa disentuh. Salah satu ciri-ciri ketika layar HP bermasalah adalah kurang responsif saat dioperasikan. Tentu kondisi ini akan membuat kurang nyaman dan mengganggu aktivitas.

Alhasil, Anda perlu melakukan perbaikan dengan biaya yang bisa dibilang tidak murah. Apalagi jika kerusakannya sudah menjalar pada LCD. Oleh karenanya, pastikan Anda mengetahui penyebab-penyebabnya agar bisa melakukan pencegahan dengan tepat.

Apa Saja Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh?

Ada banyak alasan mengapa layar HP tidak bisa disentuh. Sebaiknya Anda menghindari hal-hal yang disebutkan pada penjelasan di bawah ini, sehingga bisa terhindar dari kerusakan parah. Berikut penjelasan lengkapnya :

1. Salah Menggunakan Charger

Pastikan selalu menggunakan charger bawaan HP karena voltasenya sudah disesuaikan dengan kapasitas baterai. Apabila dipasangkan dengan charger lain yang tidak sesuai meskipun original, tetap beresiko mengalami masalah.

Sebenarnya Anda bisa menggunakan charger lain dengan catatan harus sesuai ketentuan dari pabrik. Biasanya bisa didapatkan di official storenya atau di penyedia terpercaya. Saat akan membeli, pastikan Anda menyebutkan merek serta tipe HP.

2. RAM HP Penuh

Bagian ini berkaitan dengan penyimpanan internal. Saat kepenuhan memang akan memberikan berbagai pengaruh buruk. Misalnya saja layar HP menjadi kurang responsif bahkan sampai tidak bisa digunakan sama sekali.

Cara agar RAM tidak sampai kepenuhan adalah sebaiknya Anda membersihkan cache secara berkala. Lalu apa itu cache? Istilah ini digunakan untuk menyebutkan sampah aplikasi.

Perlu diketahui, semakin sering aplikasi di HP digunakan maka cachenya akan bertambah banyak. Selain menghapus cache, Anda juga tidak disarankan menginstal terlalu banyak aplikasi berkapasitas besar.

Baca Juga  5 Tips Agar Baterai HP Awet

3. HP Sudah Tua

Saat HP sudah tua biasanya akan mengalami bermacam masalah, misalnya saja layar tidak dapat merespon ketika disentuh. Hal ini bisa diakibatkan oleh program HP yang tidak dapat bekerja secara maksimal.

Perawatan menjadi hal penting yang perlu dilakukan untuk mencegah masalah serius terjadi pada HP. Hindari menggunakannya dengan konsentrasi tinggi dalam jangka waktu lama. Di samping itu, istirahatkan HP saat mesinnya terasa panas.

4. HP Pernah Terjatuh

Penyebab lainnya mengapa layar HP tidak bisa disentuh kemungkinan karena HP pernah terjatuh. Posisi serta ketinggian HP saat terjatuh memiliki pengaruh terhadap tingkat keparahan dari kerusakan HP.

Posisi terjatuh yang bisa membuat layar HP menjadi tidak dapat disentuh adalah layar berada di bawah. Artinya bagian tersebut membentur benda keras di bawahnya dengan keras,  sehingga membuat layar pecah atau komponen di dalamnya terganggu.

5. HP Terkena Air

Setelah tercebur atau terendam di air, sebaiknya Anda langsung memeriksa bagaimana kondisi layarnya. Biasanya jika HP belum diberikan fitur waterproof, sering kali menyebabkan layar tidak berfungsi saat disentuh.

Penanganan yang bisa Anda lakukan adalah mengeringkannya menggunakan teknik khusus. Meski hair dryer mengeluarkan panas dan bisa mengeringkan rambut basah, namun sangat tidak disarankan untuk digunakan mengeringkan HP yang terkena air.

Cukup keringkan menggunakan kipas angin atau memendam HP di beras selama 24 jam atau sesuai kebutuhan. Efek hangat dari beras bisa membuat air di dalam perangkat lama-kelamaan akan mengering dengan sendirinya.

Setelah mengetahui penyebab layar HP tidak bisa disentuh, pastikan untuk menghindarinya. Akan lebih baik apabila mengimbangi penggunaannya dengan perawatan sesuai prosedur.

Tinggalkan komentar