Kenapa Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Kulkas menjadi salah satu barang elektronik yang sangat penting untuk dimiliki di setiap rumah. Kulkas memiliki fungsi untuk tempat penyimpanan atau untuk mendinginkan atau membekukan minuman dan makanan, serta untuk mempertahankan kesegaran dari daging, sayur, buah, dan minuman kemasan.

Mengingat fungsinya tersebut, maka sangat perlu untuk menjaga kulkas Anda supaya tetap awet dan berfungsi dengan maksimal. Jika tidak, Anda akan kerepotan sendiri jika kulkas tiba-tiba rusak atau mengalami masalah, padahal bahan makanan yang tersimpan di dalamnya sangat banyak.

Salah satu masalah yang seringkali terjadi adalah kulkas tidak dingin lagi. Jika Anda mengalami masalah tersebut, tidak perlu panik. Sebab,  ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa dingin kembali.

4 Alasan Kenapa Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa kulkas di rumah Anda tidak dingin lagi. Untuk mengetahui jawabannya, Anda perlu tahu dulu penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab kenapa kulkas tidak dingin beserta cara mengatasinya.

1. Bunga Es Terlalu Tebal

Penyebab kenapa kulkas tidak dingin yang pertama bisa dikarenakan bunga es yang terlalu tebal serta menutupi bagian lubang angin di kulkas Anda. Untuk mengatasinya, Anda tinggal membersihkan bunga es yang menumpuk dengan cara membuka seluruh pintu kulkas terlebih dahulu, kemudian menyalakan kipas angin di depannya. Diamkan kurang lebih satu jam sampai bunga es mencair. Jika sudah mencair, lap sampai bersih agar air tidak membentuk bunga es lagi.

2. Pintu Kulkas Tidak Ditutup Rapat

Jika Anda tidak menutup kulkas dengan rapat, maka hal tersebut bisa menyebabkan suhunya tidak dingin. Karet pada pintu kulkas berfungsi untuk menutup kulkas dengan sempurna agar suhu dingin di dalamnya tidak keluar.

Baca Juga  Cara Log Out Gmail di Android dengan Mudah

Jadi sebaiknya Anda mengecek kembali apakah sudah menutup pintu kulkas dengan rapat. Jika sudah tertutup dengan rapat tapi tetap tidak dingin, maka ada baiknya agar Anda mengganti karet yang lebih kencang.

3. Kabel Kulkas Tidak Terpasang dengan Sempurna

Penyebab kenapa kulkas tidak dingin lainnya adalah dikarenakan kabelnya tidak terpasang dengan sempurna atau bisa saja terlepas dari stop kontak. Untuk mengatasinya, Anda tinggal mengecek kabel kulkas. Jika longgar, Anda bisa mencolokkannya ke stop kontak dengan sempurna. Untuk mengetahui apakah kabel sudah terpasang dengan sempurna, maka lihatlah lampu kulkas. Jika menyala berarti kabel sudah terpasang dengan sempurna. Sebaliknya jika mati, berarti Anda belum memasang kabel dengan sempurna.

4. Kompresor Rusak

Apabila kompresor rusak maka siklus pendinginan tidak akan bekerja dengan maksimal dan kulkas bisa menjadi  tidak dingin. Untuk mengatasi masalah tersebut, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuang oli yang ada di dalam kompresor lewat pipa hisap, kemudian belah kompresor secara melingkar. Ketika membelahnya jangan sampai tembus ke dalam, karena tahap ini dilakukan untuk membuka bekas las pabrikan.

Sebaiknya Anda menggunakan gergaji yang bersih untuk membelah kompresor. Ketuk secara perlahan pada tanda panah di dalam kompresor, kemudian tuang oli sedikit demi sedikit, lalu putar dengan tangan. Selanjutnya hidupkan kompresor dan pasang lagi kompresor seperti semula. Jika semua langkah sudah Anda ikuti, maka masalah di atas sudah teratasi.

Nah, itulah beberapa penyebab kenapa kulkas tidak dingin dan cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Semoga apa yang telah dipaparkan di atas dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah kulkas tidak dingin. Selamat mencoba.

Baca Juga  Trik Internet Gratis Hingga 60 GB dari Telkomsel Terbaru Mei 2022

Tinggalkan komentar