Jangan Salah Sebut, Kenali Perbedaan Headset dan Earphone

Terkadang kita benar-benar membutuhkan alat bantu untuk mendengarkan suara dari HP, MP3, PC atau Laptop agar lebih jelas tanpa kontaminasi suara lainnya. Baik untuk kepentingan professional pekerjaan maupun di luar pekerjaan. Alat itu berupa headset dan earphone.

Headset dan earphone sering dianggap sama karena memiliki fungsi besar yang sama yaitu untuk mendengarkan audio. Tetapi tahukah Anda bahwa sebenarnya headset dan earphone itu tidak sama? Jangan sampai kita salah sebut ya.

Untuk mengetahui apa saja perbedaan yang dimiliki oleh kedua perangkat audio tersebut, mari kita simak penjelasan tentang perbedaan headset dan earphone di bawah ini.

Beberapa Sisi Perbedaan Headset dan Earphone

 1. Bentuk

Perbedaan yang paling nampak antara headset dan earphone terletak dari segi bentuk. Headset memiliki bentuk seperti bando dengan speaker bulat besar menutupi daun telinga pada kedua ujung bandonya.

Sedangkan earphone berbentuk seperti penyumbat telinga dengan dua fitting speaker berbentuk cup. Ada yang dihubungkan dengan kabel, ada pula yang terhubung tanpa kabel yaitu menggunakan bluetooth.

2. Ukuran

Headset berukuran relatif besar karena komponennya yang besar. Komponen headset terdiri atas dua speaker berbentuk bulat dengan diameter cukup untuk menutupi daun telinga, namun sekarang ada juga yang berukuran lebih kecil, sebuah mikrofon yang terpasang jadi satu memanjang dari salah satu speaker di telinga ke area pipi dan bibir.

Earphone berukuran kecil karena seluruh komponennya berukuran kecil. Komponen earphone terdiri atas dua speaker berbentuk cup seukuran lubang telinga, kabel penghubung, dan sebuah mikrofon. Ada juga earphone yang tidak disertai mikrofon sehingga tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi.

3. Cara Penggunaan

Cara penggunaan Headset adalah di atas kepala seperti sedang memakai bando.

Sementara earphone digunakan secara langsung di lubang telinga seperti earbuds atau penyumbat telinga.

4. Kualitas Suara yang Dihasilkan

Headset dengan ukuran dan desain speakernya dapat menghasilkan kualitas suara yang baik dan dapat memblokir suara lain dari luar headset.

Earphone menghasilkan kualitas suara yang agak lebih rendah dibandingkan headset karena masih ada kemungkinan interupsi suara dari luar earphone yang tidak bisa dihalau oleh bentuk speaker earphone. Kecuali earphone tertentu dengan desain speaker eartips yang dapat menyumbat lubang telinga.

Baca Juga  Cara Mengatasi Touchpad Laptop Asus Tidak Berfungsi

5. Peruntukan

Headset digunakan oleh orang yang perlu fokus yang tinggi dan kualitas suara yang baik. Biasanya headset digunakan oleh orang yang bekerja di bagian customer service, atau hotline center. Headset juga baik digunakan pada saat online meeting. Selain itu headset juga sering digunakan oleh pemain online game karena dapat mempermudah komunikasi antar sesama pemain saat sedang bermain game.

Earphone bisa digunakan pada situasi yang lebih santai seperti mendengarkan musik, menonton film atau saat menelepon kerabat dan rekan kerja.

6. Kepraktisan

Headset kurang praktis dibawa ke mana-mana karena ukurannya yang besar dan lebih berat dari earphone. Penyimpanan headset juga memerlukan ruang yang lebih besar dari earphone karena kurang bisa ditekuk agar menjadi lebih ringkas. Headset lebih cocok digunakan di tempat kerja atau di studio.

Earphone lebih praktis dibawa ke mana-mana karena ukurannya kecil, bobotnya ringan dan penyimpanannya tidak memerlukan banyak ruang.

Dengan mengetahui perbedaan headset dan earphone, Anda jadi bisa menentukan perangkat audio mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan tidak akan salah sebut. Sekian ulasan dari kami tentang perbedaan headset dan earphone. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar