Dampak Negatif Tiktok yang Perlu Diwaspadai

Saat ini Tiktok sudah menjadi salah satu platform berbagi video pendek yang sangat populer, khususnya di kalangan remaja. Bahkan, jumlah unduhannya sampai saat ini mencapai lebih dari 500 juta kali di Google Play Store.

Tidak hanya berhasil meraih peringkat 4,4 bintang dari total 5 bintang di Play Store, aplikasi ini juga mendapatkan 14 juta ulasan, yang mana sebagian besar memberikan ulasan positif terhadapnya.

Tidak diragukan kalau Tiktok memiliki pengaruh positif bagi penggunanya. Tetapi dampak negatifnya juga  tidak sedikit. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja dampak negatif Tiktok, agar para pengguna bisa mewaspadainya.

Inilah 4 Dampak Negatif Tiktok, Waspadalah!

Setiap aplikasi platform media sosial dan berbagi video tentu memiliki dampak positif dan negatif. Pengguna harus bijak melihat kedua dampak ini, agar bisa mengambil yang positif dan meninggalkan yang negatif. Lantas apa sajakah dampak negatif Tiktok? Yuk simak  di bawah ini.

1. Kecanduan

Tidak diragukan lagi bahwa kecanduan merupakan salah satu dampak negatif yang paling berbahaya dari Tiktok. Dampak ini tidak hanya menimpa para pengguna dari kalangan remaja, tetapi juga dari kalangan orang dewasa, bahkan orang-orang yang sudah berumah tangga.

Betapa banyak anak sekolah yang melalaikan tugas dan kewajibannya sebagai pelajar akibat bermain Tiktok selama berjam-jam. Demikian pula orang dewasa, tidak sedikit dari mereka yang menelantarkan pekerjaannya akibat keasikan bermain Tiktok.

Bahkan, seringkali kita mendengarkan perselisihan rumah tangga dan keretakan yang terjadi akibat salah satu dari kedua pasangan keasikan bermain Tiktok. Semua ini tentu merupakan efek dari kecanduan Tiktok yang seharusnya diwaspadai sejak dini.

2. Waktu Istirahat Berkurang

Kecanduan Tiktok juga menyebabkan orang yang mengalaminya memiliki waktu istirahat yang kurang. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang baru tidur ketika menjelang subuh. Semua itu disebabkan karena keasikan aktif di Tiktok.

Baca Juga  Daftar Beasiswa Mahasiswa BCA Finance Peduli Terbaru, Dapatkan 3,5 Juta

Kurang tidur di malam hari tentu memberikan dampak negatif dalam aktivitas mereka. Jangan heran jika Anda melihat seorang pelajar yang tertidur di kelas, seorang pekerja yang sulit fokus mengerjakan tugasnya akibat didera rasa kantuk, bahkan ibu rumah tangga yang masih lelap dalam tidurnya padahal hari sudah menjelang siang. Semua ini disebabkan karena keasikan aktif di Tiktok sampai tengah malam.

3. Kurang Produktif

Kecanduan Tiktok dan kurang istirahat akibat keasikan bermain Tiktok menyebabkan orang yang mengalaminya kurang produktif. Penyebabnya tidak lain karena kondisi tubuh mereka yang kurang prima ketika beraktivitas di siang hari. Belum lagi fokus yang buyar akibat kepikiran ingin bermain Tiktok terus.

4. Kepekaan Sosial Berkurang

Sebagai makhluk sosial, kita tidak bisa lepas dari interaksi dengan orang-orang di sekeliling kita. Berbagai kondisi dan kejadian yang terjadi di sekitar kita menuntut kepekaan dari kita. Oleh karena itu, terkadang kita harus turut campur dan ikut andil ketika dibutuhkan.

Ketika seseorang kecanduan Tiktok, tingkat kepekaan sosialnya pasti akan berkurang. Kebanyakan waktunya hanya di depan smartphone untuk bermain Tiktok. Apapun yang terjadi di sekitarnya, dia tidak pernah peduli. Selama aktivitas Tiktok yang dilakukannya tidak terganggu, hal-hal lain tidak penting baginya.

Itulah 4 dampak negatif Tiktok yang harus diwaspadai oleh setiap pengguna aplikasi dan platform berbagi video pendek tersebut. Demikian pula orang tua dan para pendidik, harus selalu mengawasi dan mengingatkan anak maupun anak didik mereka dari dampak negatif yang berbahaya tersebut.

Tinggalkan komentar