Cara Merawat Kulkas Agar Awet dan Tahan Lama

Mengetahui cara merawat kulkas yang benar merupakan hal yang penting. Dengan begitu, kulkas lebih awet dan tahan lama digunakan. Jika cepat rusak, tentu Anda sendiri yang repot karena harus membawanya ke tukang service atau membeli yang baru.

Keberadaan kulkas dalam sebuah rumah tangga sangat penting, karena digunakan untuk menyimpan bahan-bahan makanan agar bisa tahan lama dan siap diolah. Jika kulkas tidak ada, tentu Anda akan kesulitan untuk menyimpan bahan-bahan makanan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk merawat kulkas agar lebih awet dan tahan lama. Dengan begitu, Anda bisa lama menggunakan dan merasakan manfaatnya.

1. Isi Kulkas Secukupnya

Saat mengisi kulkas dengan berbagai bahan makanan dan minuman, sebaiknya mengisi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak atau secukupnya saja. Jangan terlalu memaksakan kulkas, apalagi benda-benda yang berat seperti botol air minum.

Rak kulkas umumnya terbuat dari kaca yang rentan pecah. Jika Anda meletakkan barang-barang berat di atasnya, dikhawatirkan rak tersebut tidak mampu menahannya dan menjadi pecah. Jika seperti itu, tentu Anda sendiri yang repot karena harus membeli rak kaca yang baru.

2. Tutup Pintu Kulkas

Pastikan Anda selalu menutup pintu kulkas segera setelah membukanya. Jangan biarkan pintu kulkas terlalu lama terbuka karena menyebabkan makanan yang ada di dalamnya terkontaminasi dengan udara luar. Dengan sebab itu, makanan yang disimpan di kulkas tidak bisa bertahan lama.

Selain itu, membuka pintu kulkas terlalu lama bisa berpengaruh terhadap daya tahan kulkas. Pasalnya, termostat terus memberikan sinyal ‘masih panas’ sehingga kompresor AC semakin bekerja keras. Jika hal seperti ini sering terjadi, besar kemungkinan usia kompresor AC tidak panjang.

Baca Juga  Cara Transfer Kuota Telkomsel Tanpa Biaya

3. Jangan Buka Kulkas Saat Listrik Padam

Apakah Anda sering membuka kulkas saat listrik padam? Jika iya, segera hentikan kebiasaan buruk tersebut. Alih-alih mencegah kulkas bau, justru kulkas jadi cepat rusak ketika Anda membukanya saat lampu padam.

Makanan yang ada di dalam kulkas juga bisa cepat rusak ketika Anda membuka kulkas saat lampu padam. Idealnya makanan masih bisa bertahan selama 24 jam di dalam kulkas, selama Anda tidak membukanya.

4. Atur Temperatur Kulkas dengan Tepat

Salah satu cara merawat kulkas yang juga penting diketahui adalah melakukan pengaturan temperatur kulkas dengan tepat. Jangan mengatur terlalu tinggi, karena bisa mengakibatkan kulkas Anda cepat rusak.

Suhu ideal di dalam kulkas berkisar 3-4 derajat celcius. Untuk bagian freezer minimal membutuhkan 15 derajat celcius. Dengan mengatur temperatur secara tepat, bahan makanan dan minuman yang ada di dalamnya bisa lebih maksimal.

5. Jangan Menyimpan Makanan dan Minuman Panas

Jangan menyimpan makanan dan minuman panas ke dalam kulkas. Tunggu saja dingin terlebih dahulu, baru dimasukkan ke dalam kulkas. Mengapa harus begitu? Jawabannya, kulkas akan bekerja ekstra untuk mendinginkan kulkas karena makanan dan minuman panas tersebut. Jika demikian, tentu kulkas berpotensi untuk cepat rusak.

6. Beri Jarak Antara Kulkas dengan Dinding

Jangan meletakkan kulkas terlalu rapat ke dinding. Berilah jarak antara keduanya sekitar 15-20 cm. Alasannya, hawa kondensor yang panas memiliki celah dan ruang untuk membuang panas ke luar.  Dengan begitu, kulkas di rumah Anda juga bisa lebih awet.

Itulah 6 cara merawat kulkas dengan benar agar lebih awet dan tahan lama digunakan. Cobalah menerapkan tips-tips di atas, niscaya Anda bisa merasakan manfaatnya yang besar dari tips-tips yang sudah dibagikan.

Baca Juga  5 Cara Agar Template Jualan Instagram Ramai Dengan Mudah

Tinggalkan komentar