Cara Menghidupkan HP yang Mati Total

Bagaimana sih cara menghidupkan HP yang mati total (matot)? Pertanyaan ini mungkin menggelayut di benak Anda manakala mendapati HP kesayangan Anda matot. Memang bingung sih, pasalnya HP yang mati total tidak biasa diapa-apakan sama sekali.

Kasus mati total bisa terjadi pada HP merk apapun. Tidak pandang bulu, baik HP yang harganya cuma satu juta sampai yang puluhan juta. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa yang harus dilakukan ketika ingin menyalakan HP matot tersebut.

Apakah Penyebab HP Mati Total?

Perlu diketahui bahwa HP yang mati total bisa jadi karena ada masalah yang terjadi pada sistem (software) atau komponen (hardware). Di antara contohnya :

  • Terjadi bug pada sistem, sehingga HP hanya bergetar dan tidak bisa menyala.
  • Masa penggunaan HP sudah lama, biasanya sudah digunakan lebih dari 2 tahun.
  • Baterai HP mengalami kerusakan dan tidak memiliki daya.
  • Salah dalam penggunaan charger, seperti tegangan terlalu tinggi.
  • HP seringkali tetap dipakai meskipun sudah terlalu panas akibat bermain game atau yang lain.
  • Baterai habis, yang sudah benar-benar tidak memiliki daya sama sekali
  • Masalah pada konektor baterai HP, yang mengakibatkan HP tidak mendapat daya.
  • IC Power HP rusak
  • HP terkena air sehingga komponen yang ada di dalamnya mengalami kerusakan.

Penting untuk mengetahui berbagai penyebab HP matot di atas, karena beda penyebab menjadikan penanganan juga berbeda.

Detail Ulasan Cara Menghidupkan HP yang Mati Total

Mengetahui cara menghidupkan HP yang mati total sangatlah penting. Sebab, terkadang kerusakan sebenarnya bukan pada hardware tetapi juga pada sistem. Dengan begitu, Anda bisa mengatasi sendiri masalahnya tanpa harus membawa HP ke tukang service.

1. Cas Baterai HP Terlebih Dahulu

Jika HP tiba-tiba matot padahal sebelumnya baik-baik saja, maka jangan terburu-buru memvonis HP rusak. Coba cas baterai HP terlebih dahulu. Sebab, bisa saja daya baterai HP sudah habis, namun Anda tidak menyadari hal tersebut.

Baca Juga  Tips Memilih Laptop Harga Terbaik dan Jangan Sampe Salah Pilih!

Dalam hal ini, Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut :

2. Tes Pakai Baterai yang Lain

Kemungkinan lain yang menyebabkan HP matot karena baterai sudah rusak. Untuk memastikannya, coba cari baterai HP lain yang masih normal. Gunakan baterai tersebut untuk menghidupkan HP yang matot tadi.

Jika HP menyala, berarti masalahnya pada baterai yang rusak. Solusinya tinggal ganti saja dengan baterai HP lain.  Tapi jika bukan, berarti masalahnya lain dan perlu dicari tahu terlebih dahulu.

3. Flashing Ulang HP Android

Jika sistem Android pada HP Anda bermasalah sehingga mengakibatkan mati total, sebaiknya lakukan flashing ulang. Tujuan dilakukannya flashing untuk mengganti sistem yang bermasalah dengan yang masih normal.

Cara ini merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi masalah HP mati total. Tapi untuk melakukannya, Anda membutuhkan bantuan PC atau laptop.

4. Melakukan Wipe System di Recovery

Cara menghidupkan HP yang mati total berikutnya adalah dengan melakukan wipe system di recovery. Tujuan hal ini untuk menghapus sistem yang sudah terinstal di HP Anda. Dengan begitu, Anda bisa menggantinya dengan sistem baru.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu masuk ke recovery, lalu cari menu Wipe, lalu pilih Wipe System. Lakukan semua proses yang diminta agar prosesnya berjalan lancar sampai selesai.

Itulah tadi cara menghidupkan HP yang mati total yang bisa dicoba. Setelah membaca ulasan di atas, kini Anda sudah bisa menghidupkan kembal HP yang matot bukan?

Tinggalkan komentar