Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin Kompresor Panas

Kulkas termasuk merupakan salah satu barang elektronik yang dimiliki hampir semua orang. Barang elektronik yang satu ini memang sangatlah penting ada di setiap rumah. Fungsinya untuk membuat makanan dan minuman menjadi dingin saat disimpan. Selain itu juga bisa membuat makanan dan minuman lebih awet jika disimpan di kulkas. Bisa juga untuk mengawetkan ikan dan sayur-sayuran agar tetap fresh.

Tapi, terkadang ada saja masalah yang sering kali terjadi pada sebuah kulkas. Salah satu masalahnya yaitu kulkas tidak dingin lagi. Hal tersebut terjadi bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut penjelasan mengenai penyebab kulkas tidak dingin kompresor panas dan cara untuk mengatasinya.

Inilah Penyebab Kulkas Tidak Dingin Kompresor Panas

Sebelum mengetahui cara mengatasi kulkas tidak dingin kompresor panas, ada baiknya Anda tahu terlebih dahulu apa saja penyebab kulkas tidak dingin dan kompresor terasa panas. Dalam hal ini, ada beberapa penyebab yang penting untuk diketahui :

1. Kumparan Motor Terbakar

Penyebab pertama bisa saja dikarenakan kumparan motor terbakar hingga terjadi kebuntuan di pipa kapiler. Kumparan motor di kulkas yang terbakar bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah kulkas sering mati dan hidup dalam waktu yang singkat secara terus-menerus. Hal ini biasanya disebabkan oleh kondisi listrik yang kurang baik dan sering mati atau mengalami penurunan tegangan.

Ketika keadaan listrik di rumah Anda seperti di atas, kondisi kompresor kulkas menjadi tidak stabil dan mengalami panas berlebih. Saat itulah kumparan motor terbakar.

2. Relay Kompresor Tidak Bekerja Maksimal

Gangguan di atas bisa juga disebabkan oleh relay kompresor yang tidak bekerja dengan maksimal, padahal fungsi relay tersebut sangat penting.  Sebab, relay berfungsi untuk melindungi mesin kulkas dari kerusakan akibat arus listrik tidak stabil yang masuk.

Baca Juga  4 Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Laptop atau PC

3. Tekanan Kompresor Kulkas Melemah

Salah satu penyebab sehingga kulkas tidak dingin kompresor panas adalah tekanan kompresor yang melemah akibat piston kompresor dalam keadaan macet. Selain itu, oli kompresor yang kering, kompresor yang melemah, serta sirkulasi freon yang mampet juga bisa menyebabkan gangguan di atas.

Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin Kompresor Panas

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memeriksa terlebih dahulu apakah kulkas Anda masih dapat mengeluarkan dingin meskipun hanya sedikit atau tidak. Karena bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh bunga es yang menumpuk di kulkas Anda.

Meskipun kulkas sudah terdapat fitur no frost, bukan berarti bisa terbebas dari masalah tersebut. Cara kerja dari no frost adalah menghentikan kerja kompresor untuk sementara di waktu tertentu. Saat dihentikan, hidupkan heater evaporator agar bisa mencairkan bunga es yang ada di kulkas.

Saat timer tersebut macet, tentu fitur no frost juga akan bermasalah serta bisa membuat bunga es menutupi evaporator. Hal ini yang kemudian menyebabkan udara dingin tidak berhembus secara maksimal, sehingga menyebabkan kulkas tidak dingin.

Jadi untuk mengatasi masalah tersebut Anda perlu mencari timer di kulkas Anda dengan terlebih dahulu mematikan kulkas. Kemudian temukan timer di suatu rangkaian listrik dalam sebuah kotak. Biasanya timer tersebut mempunyai lubang yang dapat Anda putar menggunakan obeng pipih.

Setelah itu, coba nyalakan kembali kulkas Anda. Apabila kompresor sudah bekerja kembali, putar secara perlahan sampai kompresor berhenti. Tunggulah beberapa saat hingga kulkas bisa dingin kembali dan kompresor Anda tidak panas lagi.

Nah, itulah beberapa penyebab kulkas tidak dingin kompresor panas serta cara mengatasinya yang bisa dibagikan pada postingan ini. Jika Anda mengalami masalah seperti di atas, coba lakukan tips-tips yang telah disebutkan di atas.

Baca Juga  Solusi Mengatasi Storage Ponsel Android yang Penuh dengan Mudah

Tinggalkan komentar