Cara Membuat Lowongan Pekerjaan yang Benar

Saat ini Anda sudah bisa menemui berbagai bentuk dan jenis iklan lowongan kerja hampir di mana saja, baik yang sering Anda temukan di jalan maupun di media online. Iklan tersebut sudah banyak tersedia dalam berbagai jenis desain, ukuran, maupun teknik pengiklanannya. Kreativitas dalam membuat iklan memang cukup dibutuhkan. Namun, esensi dalam sebuah iklan juga tidak bisa diabaikan.

Membuat calon pelamar untuk melirik iklan Anda juga sudah tidak sulit lagi. Sebab ada berbagai platform, terutama di media sosial yang dapat memacu kreativitas Anda untuk menghasilkan hasil karya iklan yang menarik. Namun selain itu, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai cara membuat lowongan pekerjaan yang benar.

Tips Membuat Lowongan Kerja yang Baik

Beragamnya jenis pekerjaan saat ini seperti menuntut banyak orang untuk siap aktif mencoba berbagai kesempatan kerja hingga membuat lowongan kerja tersendiri. Khususnya bagi seorang HRD pemula atau pendiri perusahaan yang masih baru, tentunya cukup penting bagi mereka untuk mengetahui tips dan taktik dalam merekrut pegawai atau anggota.

Memasang iklan bukan sebuah persoalan yang remeh meskipun sudah termasuk mudah dilakukan. Iklan yang baik bukan sekedar mudah ditemukan, tapi juga mudah ditemukan oleh calon kandidat yang sesuai.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara membuat lowongan pekerjaan yang benar :

1. Tentukan Target Iklan

Setiap jenis pekerjaan tentunya memiliki kualifikasi dan spesifikasi kandidat tersendiri. Untuk itu, menentukan target pasar dari iklan Anda adalah hal yang tidak boleh terlewatkan.

Oleh sebab itu pula, dalam sebuah lowongan kerja, menuliskan kriteria-kriteria pelamar yang diinginkan menjadi cukup penting. Hal ini dilakukan untuk menghindari pelamar yang banyak namun tidak sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. Tentu kondisi demikian hanya akan merugikan pihak penyedia lowongan, terutama dari segi waktu dan tenaga untuk menyeleksi.

Baca Juga  Lowongan IT Assistant Manager di PT Mitsubishi Electric Indonesia 2022

2. Perhatikan Unsur-unsur Penting dalam Lowongan

Cara membuat lowongan pekerjaan yang benar tentunya tidak lepas dari beberapa unsur penting dalam menunjang kualitas iklan Anda. Beberapa di antaranya yaitu judul, deskripsi pekerjaan, hingga kriteria kandidat yang dibutuhkan.

Judul iklan yang digunakan sebaiknya dalam bahasa dan kata-kata yang tidak ambigu, sehingga para calon kandidat dapat dengan mudah menemui lowongan yang sesuai untuk mereka.

Selain judul, dekripsi pekerjaan yang dipaparkan harus sesederhana dan sekomprehensif mungkin. Misalnya dengan mencantumkan tanggung jawab yang akan diemban oleh para kandidat nantinya. Termasuk juga berbagai persyaratan yang harus dipenuhi sebelum bergabung.

Hal ini tentunya akan membantu calon pelamar dalam menentukan keputusannya untuk bergabung pada posisi yang ditawarkan atau tidak. Jangan lupa untuk selalu menyertakan alamat tujuan lamaran serta kontak perusahaan yang dapat dihubungi dengan jelas dalam iklan lowongan tersebut.

3. Berikan Alasan Mengapa Harus Memilih Perusahaan Anda

Meskipun unsur-unsur penting dalam lowongan sudah terpenuhi, memberikan sedikit deskripsi perusahaan bisa membantu menarik perhatian calon kandidat. Deskripsi tersebut bisa saja mengenai di bidang apa perusahaan Anda bergerak, alamat perusahaan, hingga prestasi apa saja yang telah diperoleh oleh perusahaan Anda.

Anda juga bisa memasukkan sedikit bumbu-bumbu pemanis dalam iklan Anda, seperti benefit-benefit apa saja yang mereka dapat peroleh melalui posisi yang ditawarkan dalam lowongan tersebut. Hal ini bisa menambah alasan mereka untuk semakin yakin bergabung bersama perusahaan Anda.

Namun, meskipun hal ini termasuk cara membuat lowongan pekerjaan yang benar, usahakan jangan memberikan iming-iming keuntungan yang terlalu berlebihan sehingga iklan tersebut terlihat hanya sekedar bualan belaka.

Tinggalkan komentar