Cara Membuat Lowongan Kerja yang Menarik di Facebook

Facebook merupakan salah satu media sosial dengan pengguna dari seluruh dunia. Oleh sebab itu sering dijadikan sebagai tempat mengumumkan lowongan pekerjaan. Perlu diketahui, ada cara membuat lowongan kerja yang menarik di Facebook paling jitu.

Membuka lowongan kerja di Facebook sangat berpotensi untuk diketahui oleh banyak orang. Hal ini karena media sosial tersebut sekarang ini sering dirujuk penggunanya untuk mencari pekerjaan dalam berbagai bidang.

Inilah Cara Membuat Lowongan Kerja yang Menarik di Facebook

Supaya bisa menarik minat khalayak, ketahui cara untuk membuat lowongan pekerjaan di Facebook paling jitu. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa diantaranya:

1. Membuka Situs Facebook

Sebenarnya bisa mengakses Facebook langsung di aplikasi namun pada pembahasan ini Anda akan diarahkan untuk menggunakan situs. Silakan langsung membuka www.facebook.com, kemudian klik cari.

Nantinya akan tertampil halaman login, supaya bisa masuk ke akun yang dimiliki maka harus memasukkan username dan password. Teliti terlebih dahulu apakah sudah benar, kemudian pilih menu masuk.

2. Cari Halaman Lowongan Kerja

Pada beranda Facebook perhatikan bilah sebelah kiri, cari opsi halaman lowongan kerja. Apabila belum bisa menemukannya, pilih menu jelajahi lalu scrol ke bawah sampai menemukan opsi lowongan kerja.

Klik tulisan tersebut, tunggu hingga sistem menampilkan halaman lowongan kerja. Anda belum memiliki fanpage? sebaiknya buat fanpage terlebih dahulu supaya dapat memasang lowongan pekerjaan tanpa ada kendala.

3. Cari Opsi Buat Lowongan Kerja

Setelah masuk ke fanpage yang  Anda pilih, cara selanjutnya adalah membuat iklan lowongan kerja. Fitur yang mendukung kegiatan ini adalah opsi buat lowongan kerja. Letaknya di bagian pojok kanan atas halaman fan page.

Saat muncul pop up yang menampilkan data-data untuk diisi, silakan mengisikan seluruh data yang diminta secara lengkap. Teliti terlebih dahulu apakah terdapat typo atau tidak sebelum memvalidasinya.

Baca Juga  Cara Melihat Lowongan Kerja Yang Disimpan Di Jobstreet

Perlu diingat, sangat disarankan untuk membuat iklan lowongan kerja dengan sebenar-benarnya, jangan sampai hanya bermain-main karena efeknya buruk baik bagi Anda sendiri dan orang lain.

4. Isikan Data-Data Mengenai Lowongan Kerja

Membuat lowongan kerja sendiri harus lengkap supaya orang yang melihatnya percaya dan tertarik untuk membuat lamaran. Tidak banyak, data-data yang perlu ditambahkan yaitu berupa foto, jabatan, jenis pekerjaan, lokasi penempatan, dan perincian.

Bagian lain yang sebaiknya diisi adalah pertanyaan tambahan. Cukup isi secara singkat, kira-kira 200 kata saja.

Isis dari pertanyaan tambahan ini bisa berupa pilihan yes or no, pilihan ganda, atau uraian. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Manfaatnya adalah untuk mengetahui kemampuan calon pelamar kerja.

Baca Juga : Cara Menanyakan Lowongan Kerja Melalui Pesan Teks

5. Menerbitkan Postingan

Agar dapat diketahui oleh target audience, Anda perlu menerbitkan postingan yang telah dibuat. Langkah untuk menerbitkan postingan ini yakni dengan mencari opsi promosikan kiriman atau terbitkan postingan lowongan kerja.

Opsi yang sebaiknya dipilih adalah terbitkan postingan lowongan kerja. Supaya banyak yang merespon dan mengetahuinya, Anda dapat membagikannya ke media group ataupun akun teman.

Sebagai informasi tambahan, lowongan kerja yang diposting ini hanya aktif sekitar 30 hari saja. Pembuat postingan perlu memperbaharui setiap 30 hari sekali. Tambahkan persyaratan atau hal lain jika memang diperlukan.

Demikian penjelasan berkaitan dengan cara membuat lowongan kerja yang menarik di Facebook. Caranya sangat mudah, dijamin Anda tidak akan kesulitan membuatnya. Oh ya, pastikan untuk menggunakan kata-kata yang meyakinkan supaya tidak dikira sebagai penipuan maupun lowongan pekerjaan bodong.

Tinggalkan komentar