Cara Cleaning Printer Canon yang Benar

Sebagai perangkat elektronik, printer tidak lepas dari berbagai masalah yang bisa terjadi dan mengakibatkan tidak bekerja sebagaimana mestinya. Selama yang terjadi bukan masalah pada hardware, cleaning printer bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Oleh karena itu, jika printer Anda error sehingga tidak bisa menarik kertas, hasil cetaknya putus-putus, tinta tidak bisa keluar, dan masalah-masalah lainnya, maka clearing printer perlu dilakukan. Tapi bagaimanakah cara cleaning printer yang benar? Yuk simak ulasannya.

Perbedaan Cleaning Deep Cleaning

Sebelum kita masuk dalam pembahasan cara cleaning printer, kiranya penting untuk mengetahui perbedaan antara cleaning dan deep cleaning.

Ketika printer Anda mengalami gangguan berupa tinta printer yang mampet dan tidak bisa keluar, maka perhatikan kondisi tinta tersebut. Jika yang tidak keluar hanya tinta hitam dan tinta warna lainnya tetap keluar, maka proses yang perlu Anda lakukan hanyalah cleaning printer.

Tapi jika yang tidak keluar adalah dua tinta atau lebih, berarti Anda membutuhkan proses yang lebih dalam lagi. Untuk itu, Anda perlu melakukan deep cleaning.

Cleaning sendiri merupakan istilah untuk proses pembersihan yang dilakukan secara khusus untuk head dari tinta yang ada pada jarum head printer.

Detail Cara Cleaning Printer Canon

Saat ini printer Canon termasuk salah satu merek printer yang paling banyak digunakan, baik untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan tugas dan pekerjaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi pengguna printer Canon untuk mengetahui bagaimana cara cleaning printer Canon yang benar.

Cara melakukan cleaning printer tidak sulit, bahkan sangat mudah. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya :

  • Pertama, Anda perlu menghidupkan printer terlebih dahulu.
  • Setelah itu, buka Devices and Printers.
  • Klik menu tersebut.
  • Setelah itu akan terdeteksi printer yang sudah Anda hidupkan tadi di menu tersebut. Langsung saja klik kanan printernya, lalu pilih Properties. Kalau laptop tersebut ternyata belum terdeteksi, coba lepaskan dan sambung ulang printernya.
  • Setelah itu, silahkan masuk ke bagian Maintenance.
  • Nantinya akan muncul 2 pilihan, yaitu Cleaning atau Deep Cleaning. Tinggal pilih saja dari kedua cara tersebut yang paling sesuai dengan kebutuhan.
  • Jika gangguan yang terjadi pada printer Anda tidak terlalu parah, pilih saja opsi cleaning biasa. Tapi jika gangguannya agak parah, sebaiknya pilih saja opsi deep cleaning.
  • Pada cleaning biasa, Anda mesti memilih warna yang ingin Anda cleaning. Dalam hal ini Anda isa memilih warna merah, biru, atau hitam.
  • Setelah itu, lanjutkan proses lainnya yang diminta.
  • Terakhir, coba klik check nozzle printer pattern agar Anda bisa mengetahui hasil warnanya sekaligus hasil cetaknya. Perhatikan apakah sudah sesuai dengan yang seharusnya atau belum.
Baca Juga  Cara Log Out Gmail di Android dengan Mudah

Setelah melakukan cara cleaning printer Canon di atas, seharusnya masalah atau gangguan yang terjadi sudah selesai. Tapi jika ternyata belum selesai, tinggal ulangi saja langkah-langkah di atas dari awal sampai akhir.

Oh ya, langkah-langkah di atas khusus untuk printer Canon. Jika Anda menggunakan merek printer lainnya, bisa saja cara cleaningnya berbeda. Selain itu, perhatikan betul jenis cleaning yang Anda pilih. Jika masalah yang terjadi tidak terlalu berat, misalnya hanya tinta hitam saja yang tidak keluar, berarti yang perlu dilakukan hanyalah cleaning biasa.

Tapi jika masalah yang menimpa laptop Canon Anda agak parah, misalnya terdapat dua atau tiga warna tinta yang tidak keluar, berarti yang harus dilakukan adalah deep cleaning.

Tinggalkan komentar