Berapakah Gaji Pekerjaan Marshaller?

Anda penasaran dengan gaji pekerjaan marshaller? sebelum menekuni bidang tersebut sebaiknya ketahui terlebih dahulu kisarannya. Bidang pekerjaan ini terbilang menjanjikan, namun memang memerlukan keahlian khusus.

Seorang marshaller tidak dipilih sembarangan karena sangat berkaitan erat dengan keselamatan banyak orang. Tentu sangat wajar jika gaji orang yang bekerja dalam bidang ini terbilang besar.

Siapa Marshaller itu?

Marshaller merupakan salah satu bidang pekerjaan yang berperan penting pada di bandara. Tugasnya yaitu sebagai tukang parkir yang mengarahkan para pilot saat landing. Meski tidak terlibat dalam pesawat langsung, namun seorang marshaller memiliki gaji besar.

Rata-rata gaji marshaller di dunia berada di angka 21 USD per jam. Apabila dirupiahkan, per jamnya orang yang bekerja dalam bidang ini diberi gaji sekitar Rp 302.000. Gaji akhirnya didapatkan dari total jam kerjanya dalam satu bulan.

Orang-orang yang bisa menekuni bidang ini hanya pihak terlatih saja. Tidak bisa sembarangan orang karena sangat berbahaya. Perlu latihan khusus untuk dapat menjadi marshaller.

Perkiraan Gaji Pekerjaan Marshaller

Pekerjaan satu ini tergolong mendatangkan pendapatan tinggi. Setiap negaranya bisa saja berbeda tergantung dari kebijakan masing-masing negaranya. Jika di dunia rata-ratanya 21 USD, di Indonesia mencapai Rp 4 – Rp 7 juta.

Berbeda dengan tukang parkir kendaraan bermotor biasa, seorang tukang parkir pesawat gajinya cenderung lebih besar.

Bagi yang berminat menekuni pekerjaan satu ini, perlu belajar teknik-teknik terlebih dahulu. Ada kode-kode khusus yang harus dihafal marshaller supaya mampu mengarahkan pilot dengan benar tanpa menyebabkan masalah.

Bukan hanya harus memiliki keahlian dalam bidang terkait, marshaller juga perlu memenuhi syarat. Biasanya akan melalui tahap training supaya kemampuannya semakin bagus.

Syarat Daftar Sebagai Marshaller

Bagi yang tertarik menekuni pekerjaan ini, sebaiknya mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. Ada beberapa persyaratan yang tidak boleh dilanggar jika ingin diterima. Apa saja itu? jawabannya yaitu sebagai berikut:

  • Seorang marshaller tidak boleh bertato meski sangat kecil sekalipun.
  • Biasanya saat di bandara terdapat tanda-tanda yang menggunakan warna. Untuk menghindarkan dari kesalahan, marshaller tidak boleh buta warna.
  • Memiliki tinggi badan ideal, tidak terlalu tinggi ataupun pendek supaya lebih memudahkan dalam memberikan aba-aba dan melakukan kegiatan penting lain.
  • Marshaller pria setidaknya harus memiliki tinggi badan 165 cm, sedangkan untuk wanita standarnya adalah 160 cm.
  • Jangan sampai menggunakan tindik karena bidang pekerjaan ini tidak memperbolehkan orang-orang di baliknya memiliki tindik.
  • Tidak harus sarjana, syarat selanjutnya untuk menjadi marshaller adalah minimal lulusan SMA sederajat. Apabila di bawahnya, sebaiknya mengikuti kejar paket.
  • Tidak semua usia bisa mendaftarkan diri sebagai tukang parkir pesawat. Hanya orang dengan batasan usia maksimal 27 yang dapat mendaftar.
  • Batas minimal usia mendaftar adalah 18 tahun, di bawah itu tidak diperbolehkan.
Baca Juga  Lowongan Kerja Makassar Terbaru Mei 2022

Baca Juga : Berapakah Gaji Pekerjaan Afiliator Binary Option?

Menjadi seorang marshaller bukanlah pekerjaan mudah karena perlu mempertimbangkan beberapa hal supaya kegiatan di bandara tidak mengalami kendala. Pastikan mengetahui apa saja ketentuan-ketentuannya.

Selain yang telah disebutkan, masih terdapat beberapa syarat lain yang harus dipenuhi sebagai marshaller sebagai standar keselamatan dan keamanan bersama. Keamanan dan keselamatan penumpang juga berkaitan erat dengan tukang parkir pesawat ini.

Demikian penjelasan mengenai gaji pekerjaan marshaller yang sebaiknya diketahui oleh orang-orang yang memiliki minat menekuni bidang ini. Pelatihan intensif sebaiknya Anda lakukan terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang sangat perlu dikuasai agar dapat mengarahkan pilot dengan benar.

 

Tinggalkan komentar