5 Tips Membeli HP Bekas Agar Anda Tidak Kecewa

Siapapun pasti ingin menggunakan HP terbaru dengan spesifikasi yang diinginkan.  Sayangnya, tidak semua orang memiliki kemampuan finansial untuk membelinya. Oleh karena itu, membeli HP bekas sering menjadi solusi yang ditempuh.

Perlu diingat bahwa membeli HP bekas cukup beresiko. Jika tidak hati-hati, Anda bisa kecewa karena mendapatkan barang yang sudah rusak atau tidak layak pakai. Oleh karena itu, tips membeli HP bekas yang dibagikan pada postingan ini bisa membantu Anda.

Meskipun sangat butuh, jangan tergesa-gesa memutuskan untuk membeli HP bekas sebelum menerapkan tips-tips yang dibagikan kali ini. Jika tidak, khawatir Anda bisa kecewa karena mendapatkan barang yang tidak sesuai keinginan.

Apa Sajakah Tips Membeli HP Bekas?

Di bawah ini saya akan sebutkan 5 tips membeli HP bekas yang bisa Anda terapkan agar Anda mendapatkan barang yang sesuai keinginan.

1. Transaksi di Rumah Penjual

Saat ini sistem COD sudah umum diterapkan, termasuk ketika membeli HP. Biasanya si pembeli dan penjual menyepakati titik tertentu untuk bertemu, misalnya di lampu merah, perempatan jalan, depan masjid, dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin membeli HP bekas, sebaiknya jangan menerapkan sistem COD. Lebih baik jika Anda bertransaksi langsung di rumah penjual. Tujuannya agar Anda bisa complain langsung jika ternyata belakangan baru ketahuan kalau HP yang Anda beli tidak sesuai.

Jika menerapkan sistem COD, paling-paling Anda hanya mendapatkan nomor HP/WA si penjual jika ingin melakukan complain. Jika setelahnya Anda diblokir, tentu tidak ada yang bisa Anda lakukan.

2. Survei Harga HP Bekas

Sebelum memutuskan untuk membeli HP bekas merk tertentu, sebaiknya Anda melakukan survei harga terlebih dahulu. Saat ini melakukan survei harga sudah semakin mudah, karena Anda bisa mengeceknya langsung di internet, baik di website-website yang berjualan HP maupun marketplace.

Baca Juga  Kenapa Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mengecek harga HP yang Anda inginkan. Biasanya para pengguna media sosial memiliki informasi yang lebih akurat dan update.

Tujuan dari melakukan survei harga agar Anda tidak tertipu membeli HP bekas yang terlalu mahal. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan apakah harga jualnya sudah sesuai dengan budget yang Anda persiapkan atau tidak.

3. Cek dengan Santai

Karena Hp yang Anda beli adalah bekas, tentu banyak hal yang perlu diperiksa dengan teliti. Tentu Anda tidak bisa melakukannya dengan cepat dan tergesa-gesa. Sampaikan hal itu kepada penjual, sehingga dia sabar menunggu Anda. Jika penjual tergesa-gesa ingin melakukan transaksi, sebaiknya batalkan saja.

Demikian pula dengan Anda selaku pembeli. Upayakan Anda membeli HP bekas di waktu luang Anda. Tujuannya agar Anda bisa memeriksa HP tersebut dengan santai dan tenang. Dengan menerapkan tips membeli HP bekas yang satu ini, tentu Anda bisa mendapatkan HP bekas yang sesuai harapan.

4. Periksa LCD dengan Seksama

Jika Anda tidak memiliki keahlian dalam mengecek kondisi HP, besar kemungkinan Anda tidak akan bisa mendeteksi garis halus yang terdapat di bagian bawah layar HP. Terlebih lagi jika penjual sengaja menggantinya dengan wallpaper yang bisa membantu menutupi kekurangan tersebut.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengecek dengan seksama kondisi LCD HP bekas tersebut. Caranya, ganti wallpaper dengan yang warna hitam, lalu menggantinya lagi dengan wallpaper yang warna putih. Jika Anda melakukan hal ini, kerusakan sekecil apapun pada LCD HP pasti akan ketahuan.

5. Minta Garansi

Agar Anda terhindar dari kerugian akibat membeli HP yang sudah tidak layak pakai, pastikan Anda meminta garansi kepada penjual. Meskipun cuma 2-3 hari, tapi sudah cukup untuk melakukan pemeriksaan secara detail terhadap kondisi HP.

Baca Juga  Cara Membalas Pesan di Instagram

Jika belakangan baru ketahuan kalau kondisi HP sudah tidak layak, jangan ragu untuk mengajukan garansi. Jenis garansi tergantung pembicaraan Anda sebelumnya dengan penjual. Bisa dalam bentuk mengembalikan uang, digantikan dengan HP lain, dibantu melakukan perbaikan HP, atau yang lainnya.

Itulah 5 tips membeli HP bekas yang penting untuk diketahui. Cobalah menerapkan tips-tips tersebut agar Anda mendapatkan barang yang sesuai keinginan. Jangan ragu untuk membatalkan transaksi jika Anda mendapatkan kerusakan atau ketidakcocokan dengan kondisi HP saat Anda bertemu dengan penjual.

Tinggalkan komentar