5 Tips Agar Baterai HP Awet

Apa sajakah tips agar baterai HP awet yang bisa dilakukan? Tentu pertanyaan ini penting dijawab, mengingat keberadaan HP saat ini sebagai salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan dalam menjalin komunikasi.

Seringkali daya baterai cepat habis dan baterai HP cepat rusak disebabkan kesalahan pengguna HP itu sendiri. Tapi jika pengguna menerapkan tips-tips yang akan disebutkan kali ini, niscaya baterai HP yang digunakan lebih awet dan tidak cepat rusak.

Apa Sajakah Tips Agar Baterai HP Awet?

Jika Anda ingin baterai HP awet dan tahan lama ketika digunakan, pastikan Anda mengikuti tips-tips yang akan dibagikan di bawah ini :

1. Hindari Bermain HP Sambil Mengisi Mengisi Daya

Anda sering bermain HP sambil mengisi daya? Itu salah satu kesalahan yang seharusnya dihindari karena mengakibatkan baterai cepat rusak. Sebab ketika pengisian daya, temperatur HP meningkat yang mengakibatkan tekanan pada baterai ikut meningkat dan mempengaruhi efektivitasnya.

Oleh karena itu, Anda harus belajar menahan diri untuk tidak menggunakan HP sat mengisi daya. Selain itu, jangan letakkan HP yang sedang pengisian daya di atas kulkas dan perangkat elektronik lainnya.

2. Menjaga Siklus Pengisian Daya

Sebelum hadirnya smartphone, memang kebiasaan mengisi daya HP semalaman akan menyebabkan baterai HP cepat membengkak dan rusak. Tapi hal tersebut tidak berlaku pada smartphone, karena umumnya sudah dibekali dengan fitur penghenti daya otomatis ketika baterai sudah penuh.

Agar baterai HP lebih awet, cobalah menjaga siklus pengisian daya baterai. Ambil patokan misalnya pengisian ulang dilakukan ketika daya baterai sudah mencapai 30%. Begitu pula baterai berhenti diisi daya ketika sudah mencapai 80%.

3. Matikan Fitur Auto Update

Smartphone memiliki fitur auto update yang otomatis akan melakukan upgrade ketika ada update terbaru dari pusat. Selain itu, rata-rata aplikasi yang terinstal di smartphone sudah tersetting update otomatis. Akibatnya, daya baterai banyak tersedot dan mengakibatkan baterai cepat panas.

Baca Juga  Cara Cleaning Printer Canon yang Benar

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mematikan fitur auto update yang berjalan di smartphone Anda. Jika tetap ingin mengaktifkan fitur tersebut, lakukan pengaturan agar auto download hanya bekerja melalui jaringan wifi.

4. Atur Kecerahan layar

Mengatur kecerahan layar  ke tingkat tinggi memang menjadikan visual HP jadi lebih terang dan jelas. Tapi hal tersebut mengakibatkan daya baterai cepat habis. Akibatnya, pengisian daya baterai harus sering-sering dilakukan agar HP bisa kembali digunakan.

Keseringan melakukan pengisian daya tentu akan mengakibatkan efektivitas baterai HP menurun dan bisa cepat rusak. Oleh karena itu, sebaiknya atur kecerahan layar ke tingkat yang rendah. Dengan begitu, daya baterai lebih tahan lama dan baterai bisa lebih awet.

5. Instal Aplikasi Seperlunya

Saat ini banyak aplikasi menarik yang bisa diunduh gratis dari Google Play Store. Hal ini sering menjadikan pengguna HP menggunakan aplikasi apapun yang diinginkannya. Hal ini tentu kurang bagus bagi daya baterai, karena penggunaan banyak aplikasi akan menyebabkan daya baterai menurun dengan cepat.

Dalam jangka panjang, kebiasaan tersebut tidak hanya mempengaruhi daya tahan baterai, tetapi juga bisa menyebabkannya cepat rusak. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya menginstal aplikasi yang dibutuhkan saja.

Demikianlah 5 tips agar baterai HP awet yang bisa dibagikan pada postingan kali ini. Besarnya fungsi dan peranan baterai pada sebuah HP, menjadikan Anda selaku pengguna harus bisa menjaga dan merawatnya dengan baik agar bisa bertahan lama.

Tinggalkan komentar