4 Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak

Pernahkah Anda mengalami kondisi di mana kursor laptop tidak bergerak sama sekali? Padahal waktu itu Anda lagi serius menggunakan laptop karena ingin menyelesaikan target pekerjaan atau tugas kuliah yang diberikan dosen.

Tentu Anda merasa jengkel sekali karena gangguan tersebut menjadikan penyelesaian tugas Anda jadi terhambat. Sebenarnya tidak perlu bingung jika menghadapi kondisi seperti itu, karena Anda bisa mengikuti cara mengatasi kursor laptop tidak bergerak sebagaimana yang disebutkan di bawah ini.

Detail Ulasan 4 Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak

1. Cek Mouse yang Digunakan

Jika Anda menggunakan mouse eksternal, maka besar kemungkinan akar masalahnya terletak pada mouse tersebut. Untuk memastikannya, coba gerakkan kursor touchpad. Jika kursor bergerak, berarti mouse yang rusak dan Anda hanya perlu menggantinya lain.

Jika kursor tetap tidak bergerak setelah Anda coba menggerakkannya melalui touchpad, berarti akar masalah terletak pada yang lain. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan cara-cara lain yang disebutkan di sini.

2. Perhatikan Tombol Fungsi

Seringkali kursor yang tidak bergerak juga diakibatkan oleh tombol fungsi yang tidak sengaja tertekan dan menjadi nonaktif. Untuk memastikannya, cobalah mencari tombol fungsi yang berlogo touchpad.

Perlu diketahui bahwa tombol untuk mengaktifkan atau menonaktifkan touchpad pada setiap laptop tidak sama. Tapi umumnya terletak di antara tombol F5 hingga F9. Nah, coba saja tekan salah satu dari kedua tombol tersebut. Jika memang akar masalahnya di situ, tentu kursor laptop sudah bergerak kembali.

3. Periksa Pengaturan Touchpad

Cara mengatasi kursor laptop tidak bergerak lainnya kali ini tidak jauh berbeda dengan cara kedua di atas. Hanya saja, cara ini hanya dilakukan ketika Anda tidak berhasil menemukan tombol fungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad.

Baca Juga  Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin Kompresor Panas

Jika menggunakan cara ini, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut ;

  • Pertama, buka pengaturan laptop melalui ‘Start’. Caranya, tekan tombol Windows di keyboard untuk membuka menu ‘Start’.
  • Carilah fitur Settings atau pengaturan dengan menggunakan tombol panah atas dan bawah untuk mengarahkan kursor melakukan pencarian fitur tersebut.
  • Setelah itu, ketikkan ‘Touchpad’ pada kolom pencarian.
  • Lanjutkan dengan memilih ‘Touchpad setting’ lalu tekan ‘Enter’.
  • Pastikan juga kalau ‘Touchpad’ tersebut aktif atau tidak. Jika belum aktif, gunakan mouse eksternal untuk mengaktifkannya.

4. Perbaiki File Sistem yang Rusak lewat CMD

Jika masalah yang ada belum teratasi padahal Anda sudah melakukan tiga cara mengatasi kursor laptop tidak bergerak di atas, maka langkah selanjutnya adalah memperbaiki file sistem yang rusak lewat CMD.  Dengan cara ini, kerusakan file sistem di Windows bisa ditemukan dan diperbaiki.

Untuk langkah-langkahnya, ikuti saja detail di bawah ini :

  • Pertama, buka ‘Command Prompt’ dengan cara mengeklik tombol ‘Windows’ pada keyboard dan ketik cmd. Setelah itu, tekan ‘Enter’.
  • Lanjutkan dengan memasukkan satu per satu perintah di bawah ini dan tekan ‘Enter’ setiap kali memasukkan sebuah perintah : Dism /Online /Cleanup-Image /CheckHealth, Dism /Online /Cleanup-Image /ScanHealth, Dism/Online /Cleanup-Image /RestoreHealth.
  • Setelah itu, cek ulang apakah kursor sudah berfungsi atau belum. Jika belum, buka kembali Command Prompt dengan langkah yang sama dengan di atas. Nanti tinggal masukkan perintah berikut ini : sfc/scannow, kemudian tekan ‘Enter.
  • Terakhir, restart laptop Anda dengan cara menekan ‘Alt + F4’.

Itulah 4 cara mengatasi kursor laptop tidak bergerak yang bisa Anda lakukan jika mendapati kendala demikian. Lakukan satu per satu cara-cara yang disebutkan di atas sampai masalahnya selesai.

Tinggalkan komentar