4 Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Laptop atau PC

Mengetahui cara mengatasi flashdisk tidak terbaca sangat penting, khususnya bagi Anda yang sering memindahkan file-file dari flashdisk ke laptop/PC. Jika flashdisk tidak terbaca, tentu Anda pusing sendiri karena tidak bisa memindahkan file-file tersebut, padahal Anda sangat membutuhkannya.

Banyak penyebab mengapa flashdisk tidak terbaca saat dihubungkan ke laptop/PC. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan mudah. Penasaran dengan caranya? Yuk simak ulasan lebih lanjut di bawah ini untuk mengetahui caranya.

Inilah 4 Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Ada banyak cara mengatasi flashdisk tidak terbaca saat dihubungkan ke laptop/PC, disesuaikan dengan penyebab yang terjadi. Biar tidak penasaran, berikut detail cara mengatasi masalah tersebut :

1. Cek Port USB pada PC/Laptop

Salah satu penyebab mengapa flashdisk tidak terbaca karena port USB di PC/laptop mengalami kerusakan. Untuk memastikannya, Anda perlu mengecek secara langsung.

Cara mengeceknya sangat mudah, tinggal colok USB tersebut ke PC/laptop yang lain. Jika terbaca, berarti memang port PC/laptop yang tadi mengalami kerusakan. Solusi yang bisa diambil adalah membawa perangkat Anda ke tukang service untuk memperbaikinya.

2. Cek Kondisi Flashdisk

Terkadang kerusakan terjadi pada flashdisk sehingga tidak bisa terbaca saat dihubungkan ke PC/laptop. Untuk memastikannya, coba colok flashdisk yang lain. Jika terbaca, berarti memang flashdisk yang tadi rusak.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memperbaiki flashdisk tersebut. Anda bisa memperbaikinya sendiri dengan mengikuti tutorial yang banyak di internet. Jika kesulitan, bawa saja ke tukang service untuk diperbaiki.

3. Cek dengan Scan and Repair Drive

Saat flashdisk tidak terbaca ketika dicolok ke PC/laptop, besar kemungkinan terjadi kerusakan akibat serangan virus. Oleh karena itu, cara mengatasi flashdisk tidak terbaca yang satu ini adalah dengan mengeceknya menggunakan Scan and Repair Drive bawaan Windows.

Baca Juga  Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Cara Mengatasinya

Jika memang terdapat kerusakan, otomatis Windows akan melakukan perbaikan terhadap kerusakan tersebut. Detail langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama, colok flashdisk pada port USB di PC/laptop Anda.
  • Setelah itu, klik kanan tombol Windows, lalu pilih Disk Management.
  • Lanjutkan dengan memilih Disk Flash disk Anda, lalu klik kanan.
  • Pilih properties, lalu Windows baru akan muncul secara otomatis.
  • Setelah itu, klik tools dan pilih fitur check.
  • Terakhir, klik scan and repair drive. Tunggu prosesnya berjalan sampai selesai.

Setelah proses di atas selesai, cabut flashdisk dari PC/laptop, lalu colok kembali. Jika sudah terbaca, berarti cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di atas telah berhasil.

4. Format Flash Disk dengan CMD

Jika ketiga cara di atas belum berhasil juga, cobalah melakukan format ulang pada flashdisk Anda.  Hanya saja, cara ini mengakibatkan file-file yang ada di dalamnya akan terhapus. Jika file-file di dalam flashdisk sangat penting dan tidak ada back up file yang lain, berarti cara ini tidak bisa digunakan.

Jika Anda melakukan cara ini, semua masalah pada flashdisk akan hilang dan flashdisk kembali seperti baru digunakan pertama kali. Untuk melakukannya, ikuti saja langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama, colok flashdisk pada port USB pada PC/laptop Anda.
  • Setelah terpasang, klik ketikkan CMD pada fitur pencarian yang terdapat di sebelah kanan bendera Windows. Nantinya jendela Windows CMD akan muncul.
  • Lanjutkan dengan mengetikkan FORMAT F: /FS:FAT pada CMD tersebut. Perlu dicatat bahwa huruf F di bagian pertama format di atas menunjukan lokasi flashdisk. Jadi, ketikkan huruf sesuai dengan lokasi flashdisk masing-masing. Sebab, lokasinya bisa saja berada di di F, E, atau D.
  • Setelah itu, klik mengklik enter. Nantinya flashdisk Anda akan terformat secara otomatis dan menghapus semua file yang terdapat di dalamnya.
Baca Juga  Cara SS di Laptop Asus dengan Mudah

Itulah tadi 4 cara mengatasi flashdisk tidak terbaca ketika dihubungkan ke PC/laptop Anda. Sangat mudah bukan? Kini Anda tidak bingung lagi untuk mengatasi flashdisk yang tidak terbaca saat ingin memindahkan file-file yang ada di dalamnya ke PC/Laptop.

Tinggalkan komentar