Tips Jitu Liburan Hemat Akhir Tahun

spiritsevent.com – Anda tentu menjadi salah satu orang yang paling menantikan kehadiran hari libur, bukan? Bahkan sejak jauh-jauh hari, Anda sudah mempersiapkan segala hal agar bisa liburan hemat terutama di akhir tahun. Sayangnya, waktu libur akhir tahun menjadi momen peak seasson di mana harga seluruh akomodasi cenderung mengalami peningkatan drastis. Mulai dari tiket penerbangan hingga voucher menginap di hotel terbaik. Tentu saja hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kondisi finansial Anda. Tenang saja, liburan hemat bukan hal yang mustahil untuk diwujudkan. Simak tips-tipsnya berikut ini!

eccc ee f

Tentukan anggaran sejak awal

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menetapkan bujet liburan itu sendiri. Terlihat sepele tapi penentuan bujet memegang peranan penting terhadap keputusan-keputusan yang Anda buat berikutnya. Misalnya, ketika bujet yang dimiliki tidak cukup banyak, maka Anda bisa menyiasati dengan memilih destinasi yang tidak jauh dari tempat tinggal. Dengan begitu, liburan akhir tahun tetap bisa berjalan optimal tanpa khawatir mengganggu keadaan finansial Anda. Ingat, punya bujet liburan yang minim bukan menjadi penghalang bagi Anda untuk mengunjungi destinasi wisata tertentu.

Sebaiknya pilih destinasi lokal

Liburan hemat dengan bujet yang terbatas mengharuskan Anda mengambil keputusan untuk memilih destinasi lokal atau mencari ulasan dan review tempat wisata terbaik di Di Indonesia. Beruntung, Indonesia memiliki beragam objek wisata menarik yang layak untuk dieksplorasi tanpa perlu menyediakan banyak biaya. Beberapa orang menganggap Yogyakarta menjadi destinasi wisata lokal yang lebih ramah kantong jika dibandingkan dengan Bali. Terlebih bagi mereka yang tinggal di Pulau Jawa, Kota Gudeg ini bisa dijangkau dengan menggunakan kereta api, bus, atau bahkan kendaraan pribadi.

Baca Juga  Berapa gaji desain grafis per bulan? Berikut Info Gaji, Upah dan Bonus di Indonesia

Tidak harus destinasi yang hits

Tips selanjutnya yang bisa diterapkan adalah bersikap bijak dengan memilih destinasi lokal yang indah meski tidak begitu populer di kalangan wisatawan. Biasanya objek wisata yang belum banyak disoroti ini tidak dipungut biaya masuk, alias bisa Anda kunjungi secara cuma-cuma. Meskipun demikian, destinasi yang belum populer ini justru akan membuat Anda terkesima karena keindahannya yang belum terjamah manusia. Dengan begitu, Anda tidak perlu menyediakan banyak bujet ketika akan menghabiskan libur akhir tahun di destinasi tersebut.

Menginap di tempat berlokasi strategis

Menghemat pengeluaran ketika menghabiskan waktu libur di akhir tahun memang cukup tricky. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memilih tempat penginapan di lokasi strategis. Misalnya, dekat dengan kawasan wisata, stasiun kereta api atau bandara, serta dekat dengan penjual makanan. Lokasi yang strategis ini memungkinkan Anda menjangkau masing-masing tempat hanya dengan berjalan kaki. Tidak lagi perlu menyiapkan biaya untuk transportasi selama mengeksplorasi destinasi liburan tersebut.

Aktif cari promo

Satu lagi tips terbaik menuju liburan akhir tahun tanpa menghabiskan uang tabungan, yaitu rutin mencari promo yang diselenggarakan oleh penyedia maskapai, hotel, maupun situs-situs penjualan akomodasi perjalanan. Beberapa bahkan menyediakan potongan harga yang cukup besar ketika Anda melakukan pemesanan jauh hari sebelum keberangkatan. Namun, sebelumnya pastikan bahwa Anda sudah mendapatkan cuti libur akhir tahun sehingga bisa memilih tanggal yang tepat tanpa harus melakukan reschedule, yang justru menambah pengeluaran karena ada biaya tambahan yang wajib dibayarkan.

Bagaimana, mudah bukan mewujudkan liburan hemat di akhir tahun? Selamat mencoba dan semoga liburan Anda lebih berkesan, ya!

Tinggalkan komentar